EVALUASI NILAI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN PRIORITAS PENANGANAN PADA RUAS JALAN ENGGANO KOTA BENGKULU

MAGHFIRO, DE PERTO and Hardiansyah, Hardiansyah and Mase, Lindung Zalbuin (2021) EVALUASI NILAI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN PRIORITAS PENANGANAN PADA RUAS JALAN ENGGANO KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
skripsi de perto maghfiro.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kerusakan jalan yang terjadi di beberapa ruas jalan menimbulkan kerugian yang
sangat besar bagi pengguna jalan seperti waktu tempuh yang relative menjadi
lama dan kenyamanan berkendara yang kurang nyaman. Beban lalu lintas
berulang yang berlebihan (Overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan
lebih pendek dari perencanaan. Perencanaan yang kurang baik, pengawasan
yang kurang baik dan pelaksanaan yang tidak sesuai dengan rencana yang ada,
slain itu minimnya biaya pemeliharaan serta penanganan yang kurang tepat juga
menjadi penyebabnya. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi penurunan
kualitas jalan akibat kerusakan permukaan jalan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menentukan tingkat dan jenis kerusakan perkerasan permukaan jalan
dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index). Penelitian ini
mengambil lokasi pada ruas Jalan Enggano Kota Bengkulu yang masing-masing
jalan terbagi atas 6 segmen yang ditinjau menurut tingkat kerusakannya.
Pengumpulan data primer yang dilakukan dengan survei actual lapangan yaitu
berupa data luas kerusakan jalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa
kerusakan pada ruas jalan Enggano Kota Bengkulu dengan menggunakan
metode PCI (Pavement Condition Index) di dapatkan nilai rata-rata sebesar 50%
dengan kondisi rusak sedang (fair). Jenis kerusakan yang umum terjadi pada
ruas jalan Enggano Kota Bengkulu adalah retak pinggir (edge cracking),
pelapukan dan pelepasan butir (weathering and ravelling), lubang (potheles),
retak kulit buaya (alligator cracking), retak memanjang dan melintang
(longitudinal and transverse cracking), tampalan (Patching).
Kata Kunci : Evaluasi Tingkat kerusakan Jalan, PCI (Pavement Condition
Index).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:56
Last Modified: 09 Oct 2025 04:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28506

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200