Hairumiana, Hairumiana and Yessy, Elita and Adif, Jawadi Saputra (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL MENGENAI PEMANFAATAN AI DALAM BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK. Other thesis, Universitas Bengkulu.
HAIRUMIANA_A1L021018_BK - Hairumiana_018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal
mengenai pemanfaatan AI dalam belajar terhadap peningkatan kemandirian
belajar siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain Pretest-Posttest Control Group Design yang melibatkan dua kelas, yakni
kelas X TKR 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TITL 1 sebagai
kelompok kontrol di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket skala Likert untuk mengukur kemandirian belajar siswa.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kemandirian belajar siswa yang
diberikan layanan bimbingan klasikal mengenai pemanfaatan AI dalam belajar
dibandingkan dengan siswa yang diberikan layanan tanpa pemanfaatan AI dalam
belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal
mengenai pemanfaatan AI dalam belajar efektif untuk meningkatkan kemandirian
belajar siswa SMK.
Kata kunci: Bimbingan Klasikal, Artificial Intelligence, Kemandirian Belajar,
Siswa SMK
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:39 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 08:39 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28534 |

