Ayu, Putri and I Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ETIK SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Ayu_A1L020036_Bk - Putri Ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku etik dengan
menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan Teknik modeling pada siswa
kelas IX.I dan IX.2 SMP Negeri 03 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen two group pretest-posttest control design. Populasi dalam
penelitian ini merupakan siswa kelas IX.I dan IX.2 SMP Negeri 03 Kota
Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket perilaku etik dengan model skala Likert, dan analisis data
penelitian menggunakan uji-t. Hasil pre-test dan post-tes kelas eksperimen
mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata skor 93,85 menjadi 140,61.
Sementara hasil pre-test dan post-tes kelas kontrol mengalami kenaikan tetapi
tidak sebanyak kelas eksperimen dengan nilai rata-rata skor 113,67 menjadi
125,97. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t bahwa peningkatan yang
dihasilkan pada kelas eksperimen lebih besar dengan nilai 46,76 pada kelas
kontrol sebesar 12,30. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas layanan
bimbingan klasikal dengan teknik modeling untuk meningkatkan perilaku etik
siswa.
Kata kunci : Perilaku Etik, Layanan Bimbingan Klasikal, Teknik Modeling
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28540 |