Sari.S, Engel Novita and I Wayan, Dharmayana and Mayang, T. Afriwilda (2025) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MINDFULNESS- BASED STRESS REDUCTION (MBSR) DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENURUNKAN ACADEMIC STRESS PADA SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ENGEL_BEBAS PERPUS UNIB_compressed - engel novita sari.s.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan konseling kelompok
dengan teknik relaksasi untuk menurunkan academic stress pada siswa. Penelitian
dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan two grup pre-test post-test
control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI 1 SMA Negeri 5 Kota
Bengkulu yang berjumlahkan 39 siswa. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa yang
meliputi 5 siswa kelompok eksperimen dan 5 siswa kelompok kontrol diambil
dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner academic stress dengan model skala likert, dan analisis data penelitian
menggunakan uji t- test. Hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen
menunjukan nilai penurunanan rata-rata 111 menjadi 36,8. Sementara, hasil pre-
test dan post-test kelompok kontrol menunjukan nilai penurunanan rata-rata skor
dari 111,8 menjadi 15,40. Hasil uji hipotesis dengan di peroleh nilai 9,297 (p<0,05)
ini menunjukkan terdapat perbedaan tingkat academic stress antara siswa yang
menerima konseling kelompok MBSR dengan teknik relaksasi dibandingkan
kelompok kontrol. Jadi ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik
relaksasi dalam menurunkan academic stress.
Kata Kunci : academic stress, layanan konseling kelompok, teknik relaksasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28541 |