Serlyna, Serlyna and Hidayat, Koto and Ika, Gusriani (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN KOPI BUBUK ROBUSTA SENGKUANG76 KEPAHIANG MENGGUNAKAN METODE CSI (CUSTOMER SATISFACTION INDEX) DAN IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Serlyna-E1G020015 - lyna syer.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Industri kopi dalam negeri sangat beragam, dimulai dari unit usaha berskala home
industry hingga industri kopi berskala multinasional. Kopi Bubuk Robusta Sengkuang76
Kepahiang merupakan salah satu usaha berskala home industry yang bergerak dibidang
pengolahan kopi bubuk. Home industry ini didirikan oleh bapak Piisman selaku pemilik
usaha kopi bubuk robusta Sengkuang76 Kepahiang pada bulan Oktober 2014 serta
memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Induk Berusaha (NIB)
8120110030538 yang dikeluarkan pada tahun 2018. Industri ini masih berstatus sebagai
Industri Kecil Menengah (IKM) yang terletak di Desa Bandung Jaya, Bandung Baru, Kec.
Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Metode yang digunakan untuk mengukur
tingkat kepuasan konsumen adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance
Performance Analysis (IPA). Metode CSI (Customer Satisfaction Index) diperlukan
dalam menentukan tingkat kepuasaan konsumen secara keseluruhan. Sedangkan metode
IPA (Importance Performance Analysis) adalah suatu metode untuk mengukur atribut
dari tingkat kepentingan (importance) dan tingkat kinerja (performance) yang dapat
digunakan untuk pengembangan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan
untuk Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan
Mengidentifikasi atribut-atribut yang diinginkan serta dipertahankan pada industri Kopi
Bubuk Robusta Sengkuang76 Kepahiang.
Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel secara sengaja (Purposive
Sampling) dengan memilih secara langsung pelanggan yang sudah pernah mengkonsumsi
produk Kopi Bubuk Robusta Sengkuang76 Kepahiang yang menjadi responden. Penentuan
sampel pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan rumus lemeshow untuk
menentukan jumlah sampel dengan total populasi yang tidak diketahui secara pasti atau
berubah-ubah dari waktu ke waktu.
Hasil penelitian diperoleh perhitungan indeks kepuasan konsumen didapat nilai
sebesar 81,53% yang berarti tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Kopi Bubuk
Robusta Sengkuang76 Kepahiang masuk ke dalam kriteria sangat puas. Hasil diagram
kartesius menyatakan bahwa daya simpan produk relatif lama dan promosi melalui sosial
media adalah atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan dan
ditingkatkan kinerjanya. Atribut-atribut yang kinerjanya harus dipertahankan oleh home
industry Kopi Bubuk Robusta Sengkuang76 Kepahiang meliputi aroma produk, desain
kemasan menarik, adanya izin produksi (BPOM/PIRT), informasi tanggal kedaluwarsa
pada kemasan dan adanya label halal pada kemasan.
(Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian,
Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:36 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28586 |