PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI TEORI PELUANG KELAS VII

Hermanto, Zahratul Maghfiroh and Dewi, Rahimah and Elwan, Stiadi (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI TEORI PELUANG KELAS VII. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C021017_ZAHRATUL MAGHFIROH.H. - Zahratul Maghfiroh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik dikarenakan kurang optimalnya bahan ajar yang
digunakan pada materi teori peluang, serta kurangnya penerapan model
pembelajaran yang dapat membimbing peserta didik untuk melatih kemampuan
pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar berupa
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang membantu meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
LKPD berbasis Problem-based learning berbantuan alat peraga terhadap
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid, praktis, dan
memiliki efektivitas. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-G yang
berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian desain tipe
development studies yang terdiri atas tahap preliminary dan tahap prototyping
dengan alur formative evaluation yang terdiri atas tahap self-evaluation, one-to-
one, expert-review, small group, dan field test. Instrumen penelitian meliputi
lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar keterbacaan, lembar soal tes
kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem-based learning yang
dikembangkan dinyatakan valid dan praktis karena telah memenuhi seluruh
indikator kevalidan dan kepraktisan sesuai dengan tahapan pengembangan yang
dilakukan. Efektivitas LKPD dilihat melalui ketuntasan klasikal yang mencapai
84,38% peserta didik memperoleh nilai lebih dari 70 dan berada pada kriteria
tinggi.
Kata Kunci: LKPD, Problem-Based Learning, Pemecahan Masalah Matematis,
Penelitian Desain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:50
Last Modified: 10 Oct 2025 03:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor