TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP TERAPI CHIROPRACTIC DI KANDANG MAS KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

NANDA, CARLOS ACHIRO and Ikhsan, Ikhsan and Intan Perma, Sari (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP TERAPI CHIROPRACTIC DI KANDANG MAS KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Diploma thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Carlos Achiro Nanda - carlos achiro.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Chiropractic merupakan salah satu jenis pengobatan komplementer dan
alternatif yang sering dijumpai ditengah masyarakat Indonesia. Sehingga dengan
adanya pengobatan tradisonal seperti chiropractic ini tidak lepas dengan layanan
tingkat kepuasan konsumen. Kepuasan pasien adalah salah satu indikator kinerja
dalam penilaian mutu pelayanan. Penyedia jasa layanan chipropractic Krekk
Method Bengkulu merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan tradisional
komplementer yang bediri sejak tahun 2018. Berdasarkan hasil wawancara
dengan salah satu pelanggan chipropractic bahwa pelayanan yang diberikan oleh
pihak terkait kurang memuaskan hal tersebut dipicu oleh biaya yang dikeluarkan
tidak berbanding lurus dengan layanan yang diterima oleh pelanggan. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan
pasien terhadap terapi chiropractic di Kandang Kampung Melayu Kota Bengkulu.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode teknik purposive sampling dengan jumlah sampel
115 responden. Hasil penelitan diketahui distribusi karakteristik responden
sebagian besar (53%) umur 24-46 tahun, sebagain besar (59.1%) jenis kelamin
laki-laki, sebagian besar (63.5%) pendidikan terakhir SMA sederajat, sebagain
besar (64.3%) pekerjaan swasta (tani/nelayan) dan tingkat kepuasan responden
sebagain besar (63.5%) kategori puas dimensi keandalan (Reliability), sebagain
besar (53.0%) kategori puas dimensi ketanggapan (Responsiveness), sebagian
besar (53.0%) kategori puas dimensi jaminan (Assurance), sebagian besar (53.0%)
kategori sangat puas dimensi empati (Empaty) dan sebagain besar (61.7%)
kategori sangat puas dimensi bukti langsung (TangibleI).
Kata Kunci : Chiropractic, Tingkat Kepuasan, Layanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Diploma Pharmacy
Depositing User: Oka Ariani S.IPust
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:34
Last Modified: 10 Oct 2025 03:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28663

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor