Aisyah, Juniadita and Gushevinalti, Gushevinalti and Wahyu, Widiastuti (2025) Simpati Digital Penggunaan Non-Celebrity Endorser pada Brand Rucas di Aplikasi Tiktok. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Aisyah Juniadita - Aisyah Juniadita.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Di era digital yang semakin berkembang, strategi pemasaran melalui media sosial
menjadi salah satu pendekatan yang efektif untuk membangun hubungan antara
brand dan audiens. Salah satu fenomena yang muncul adalah penggunaan non-
celebrity endorser dalam konten digital, khususnya di platform TikTok, yang
dikenal mampu menciptakan kedekatan yang lebih autentik dan relatable dengan
pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
penggunaan non-celebrity endorser oleh brand Rucas di aplikasi TikTok mampu
membangun simpati digital dan keterikatan emosional dengan audiens. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Theory (ELT), yang
menjelaskan bagaimana persuasi dapat terjadi melalui dua jalur: sentral dan perifer,
tergantung pada tingkat keterlibatan kognitif audiens. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif. Informan penelitian ditentukan berdasarkan teknik
purposive sampling dengan menyesuaikan kriteria yang telah ditentukan oleh
peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan non-celebrity endorser
mampu memicu jalur perifer dalam proses persuasi, karena menyentuh aspek
emosional, sosial, dan representasi nilai yang relevan dengan kehidupan sehari-hari
audiens. Pendekatan ini menciptakan kedekatan emosional dan memperkuat
identifikasi sosial terhadap brand, di mana Audiens merasa lebih terhubung dan
terlibat secara personal. Simpati digital yang terbentuk melalui konten visual ini
berkontribusi terhadap meningkatnya loyalitas dan minat beli secara organik.
Kata Kunci: Simpati Digital, Non-Celebrity Endorser, TikTok, Rucas,
Elaboration Likelihood Theory
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28705 |