��������, Dhea and Effie, Efrida Muchlis and �������, ����� ������� (2025) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi_Sintiara Marito Silaen_A1C019026_Pendidikan Matematika - Sintiara Silaen.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman
konsep siswa karena kurangnya minat belajar siswa, dan siswa yang beranggapan
bahwa matematika itu menakutkan kesulitan dalam pembelajaran matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingakan pengaruh kemampuan
pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning dengan model pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 11 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu
dengan desain The Non Equivalent Post-Test-Only control group. Teknik
pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel
penelitian ini adalah kelas VII E (kelas eksperimen 1) yang berjumlah 31 orang dan
kelas VII B (kelas eksperimen 2) yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep.
Analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji Z. Hasil pengujian hipotesis
diperoleh bahwa nilai sig = 0,001 < � = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP dengan model pembelajaran
Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep siswa
dengan model pembelajaran ekspositori.
Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Problem
Based Learning, Ekspositori
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:37 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 08:37 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28717 |

