ANALISIS PELAKSANAAN APLIKASI HAJI PINTAR DALAM PELAYANAN PENDAFTARAN CALON JAMAAH HAJI (Studi Pada Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu Tahun 2024)

ROHMAYATI, MELI and Adityo, P Ramadhan and Is, Susanti (2025) ANALISIS PELAKSANAAN APLIKASI HAJI PINTAR DALAM PELAYANAN PENDAFTARAN CALON JAMAAH HAJI (Studi Pada Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu Tahun 2024). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI MELI ROHMAYATI 2025 () - Meli Rohmayati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Aplikasi Haji Pintar dinobatkan sebagai aplikasi haji terbaik dalam penyelenggara
umrah Internasional di Superdome, Jeddah, Arab Saudi. Aplikasi ini mulai
beroperasi di Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu pada tahun 2021 yang
diciptakan untuk meningkatkan komunikasi yang menyediakan fitur komunikasi
yang memungkinkan calon jamaah haji untuk terhubung dengan petugas haji dan
sesama jamaah haji. Namun dalam pelaksanaannya, penggunaan aplikasi Haji
Pintar oleh pendaftar masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
memahami bagaimana pelaksanaan pelayanan pendaftaran calon jamaah haji
dalam menggunakan aplikasi Haji Pintar di Kantor Kementerian Agama Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan
teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analysis content dengan tahapan analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan pada
penelitian ini terdiri dari 1 orang petugas Penyelenggaraan Haji dan umrah, dan 5
orang Calon Jamaah Haji. Hasil penelitian ini meliputi pada aspek: a)
Karakteristik Inovasi (Aplikasi Haji Pintar), berupa kemudahan akses, efisiensi,
waktu, transparansi, dang pengurangan biaya. Namun tidak semua calon jamaah
haji mau memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini. b) Saluran Komunikasi,
berupa media interpersonal dan media massa. Petugas penyelenggaraan haji akan
memberikan rekomendasi kepada calon jamaah haji untuk menggunakan metode
online dalam proses pendaftaran haji. Namun pada penelitian ini calon jamaah haji
yang berminat mendaftar haji online hanya yang berada di luar Kota Bengkulu,
sedangkan jamaah yang berada di tempat domisili memilih untuk mendaftar
langsung di Kantor Kemenag. c) Sistem Sosial, berupa fitur pesan dan pengaduan
yang dapat menghubungkan antara pengguna dan pihak petugas, agar dapat
berinteraksi langsung dengan pihak petugas maupun sesama calon jamaah haji. d)
Waktu/Keputusan Pengadopsian, proses yang dilalui oleh calon jamaah haji mulai
dari pengetahuan tentang aplikasi Haji Pintar, persuasi, keputusan untuk mencoba,
implementasi penggunaan, hingga konfirmasi adopsi.
Kata Kunci: Aplikasi Haji Pintar, Calon Jamaah Haji, Penyelenggaraan Haji dan
Umrah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2025 09:13
Last Modified: 10 Oct 2025 09:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28802

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200