TINGKAT KEPUASAAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS LINGKAR TIMUR KOTA BENGKULU TAHUN 2024

DITA, FIRSILIYA ANDINI MUTIARA and Samwilson, Slamet and CAMELIA, BERTHA (2024) TINGKAT KEPUASAAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS LINGKAR TIMUR KOTA BENGKULU TAHUN 2024. Diploma thesis, Universias Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
LTA Firsiliya Andini Mutiara Dita 4 - Firsiliya Dita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah
membandingkan antara hasil yang dipikirkan terhadap hasil yang diharapkan.
Pelayanan Informasi Obat (PIO) wajib diberikan oleh tenga farmasi yang
berkaitan dengan penggunaan obat yang diserahkan kepada pasien dan
penggunaan obat secara tepat. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Lingkar
Timur Kota Bengkulu, dari data rekapan resep diketahui bahwa setiap bulan resep
yang dilayani Puskesmas Lingkar Timur Kota Bengkulu yaitu 900 resep perbulan.
Jumlah kunjungan pasien pada Puskesmas Lingkar Timur perhari lebih kurang 29
Pasien. Dengan demikian jumlah resep yang dilayani oleh 2 Tenaga Teknis
Kefarmasian (TTK) perhari sebanyak 29 resep. Pasien dalam jumlah besar tiba di
Puskesmas secara bersamaan mengakibatkan proses pengerjaan resep berjalan
lambat dan juga pelayanan informasi obat jarang dilakukan kepada pasien karena
beberapa faktor diantaranya kurangnya tenaga kefarmasian di puskesmas tersebut
dengan kunjungan pasien yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat
berdasarkan aspek Kehandalan (Realiability), Ketanggapan (Responsiveness),
Empati (Emphaty), Jaminan (Assurance), Bukti fisik (Tangible) di puskesmas
Lingkar Timur kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang
dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden. Sampel pada
penelitian ini sebanyak 90 responden yang diperoleh menggunakan purposive
sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan informasi obat berdasarkan aspek kehandalan termasuk kategori puas
(74,06%), aspek ketanggapan dikategori cukup puas (59,48%), aspek empati
dikategori puas (70,33%), aspek jaminan dikategori puas (68,29%), aspek bukti
fisik dikategori cukup puas (52,81%). Hasil data dapat disimpulkan bahwa tingkat
kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat berdasarkan lima aspek
dimensi pelayanan adalah cukup puas (67,07%).
kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat, Puskesmas
Lingkar Timur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Diploma Pharmacy
Depositing User: Oka Ariani S.IPust
Date Deposited: 11 Oct 2025 05:15
Last Modified: 11 Oct 2025 05:15
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor