EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS BANDAR JAYA KABUPATEN LAHAT

Mardiani, Feby and Suratman, Suratman and Jatmiko, Yogopriyatno (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS BANDAR JAYA KABUPATEN LAHAT. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI-FEBY MARDIANI (D1D020059), - Feby Mardiani25.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Puskesmas Bandar Jaya sebagai salah satu penyelenggara pelayanan kesehatan di
Kabupaten Lahat menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan
setiap aspek yang diperlukan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun
2011, BPJS ditujukan untuk memberikan akses kesehatan kepada masyarakat
secara merata. Selanjutnya, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia
Nomor 75 Tahun 2014, puskesmas dibangun untuk meningkatkan kemampuan
hidup sehat dan pelayanan kesehatan yang bermutu. Tujuan penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan efektivitas dari program BPJS
Kesehatan di Puskesmas Bandar Jaya Kabupaten Lahat. Dalam menjelaskan hal
tersebut peneliti menggunakan teori efektivitas pelayanan publik dan
menggunakan syarat pelayanan kesehatan yang terdiri dari tiga aspek untuk
menilai efektivitas pelayanan, yaitu ketepatan waktu, kecermatan dan gaya
pemberian pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang
bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas
pelayanan kesehatan peserta BPJS Kesehatan masih belum efektif karena aspek
kenyamanan masih terganggu. Pada aspek ketepatan waktu, program-program
yang direncanakan serta dilaksanakan dapat dikatakan efektif. Program-program
tersebut dibuat untuk seluruh masyarakat. Pada aspek kecermatan, kemampuan
petugas dan keterampilan petugas telah diakui masyarakat yang dibuktikan dari
pelaksanaan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dan kepuasan masyarakat
yang sangat puas dari hasil IKM. Pada aspek gaya pemberian pelayanan, disiplin
kerja, transparansi pelayanan, dan kesamaan hak sudah diselenggarakan dengan
baik. Namun, kenyamanan pelayanan masih dinilai kurang dikarenakan sarana
prasarana yang membutuhkan perbaikan dan saat ini masih dalam proses. Maka
efektivitas pelayanan kesehatan BPJS di Puskesmas Bandar Jaya masih belum
efektif.
Kata Kunci: BPJS PBI, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Bandar Jaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:46
Last Modified: 13 Oct 2025 04:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29009

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor