PERILAKU PENCARIAN INFORMASI BELANJA ONLINE DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA S1 PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU

Nadhifah, Selina and Fransiska, Timoria Samosir and Rahmat, Alifin Valentino (2024) PERILAKU PENCARIAN INFORMASI BELANJA ONLINE DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA S1 PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKR_NADHIFAH SHELINA - Helen Diana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Majunya teknologi informasi telah memunculkan fenomena online shooping,
dimana banyak pihak memanfaatkannya dalam bisnis mereka. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis perilaku pencarian informasi
belanja online di aplikasi Shopee pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu. Penelitian ini mengukur
perilaku pencarian informasi mahasiswa berdasarkan delapan indikator utama,
yaitu starting, browsing, chaining, monitoring, differentiating, extracting,
verifying, dan ending. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan
survei menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden mahasiswa
manajemen. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki tingkat
perilaku pencarian informasi yang baik, dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar
3,99. Mahasiswa menunjukkan kemampuan yang memadai dalam setiap tahapan
pencarian informasi, terutama dalam tahap monitoring (memantau informasi
terbaru mengenai produk) dan verifying (memverifikasi keakuratan informasi).

Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa cenderung memanfaatkan fitur-
fitur pada aplikasi Shopee secara efektif untuk mendapatkan informasi yang

akurat dan relevan sebelum melakukan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah bahwa perilaku pencarian informasi belanja online mahasiswa sudah cukup
optimal, dan hasilnya dapat memberikan manfaat bagi pengembangan strategi
pemasaran e-commerce yang lebih efektif serta bagi pendidikan konsumen digital
di kalangan mahasiswa.

Kata kunci : Perilaku Pencarian Informasi, Belanja Online, Shopee, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Library and Information Science
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:44
Last Modified: 13 Oct 2025 04:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29023

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200