PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA KELAS VII.3 SMPN 1 BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

Afrida, Desi and Koto, Irwan and Nirwana, H. (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA KELAS VII.3 SMPN 1 BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-DES-FKIP.pdf]
Preview
Text
I,II,III-DES-FKIP.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of I,II,III-DES-FKIP.pdf] Text
I,II,III-DES-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[thumbnail of IV,V-DES-FKIP.pdf] Text
IV,V-DES-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan terhadap 40 siswa kelas VII.3 pada tahun ajaran 2006/2007, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan 1) pengetahuan prosedural yaitu psikomotor dalam pembelajaran materi gerak lurus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Data dianalisis secara deskriptif, untuk menentukan rata-rata kelas siswa perindikator dan menentukan nilai rata-rata dan standar deviasi untuk hasil belajar tes akhir tindakan. Pengetahuan prosedural siswa dapat ditingkatkan, yang ditunjukkan oleh kemampuan siswa melakukan percobaan pada siklus I sub kelajuan dan kecepatan dengan menggunakan alat tabung berpancur 1000 ml dan stopwacth yang meliputi prosedural untuk menyiapkan alat : menyiapkan fluida dan kelereng 19,25 (cukup terampil), merangkai alat ; menuangkan fluida dalam tabung berpancur 18,25 (cukup terampil), menggunakan alat ; menghidupkan dan mematikan stopwatch 17,25 (cukup terampil), dan membaca hasil pengukuran pada alat ; membaca skala detik dan menit pada stopwatch 14,25 (cukup terampil). Siklus II sub gerak lurus beraturan (GLB) dengan menggunakan seperangkat tiker timer dengan kereta dinamika yang meliputi pengetahuan prosedural untuk menyiapkan sepasang 30 (terampil), merangkai alat ; 25,5 (terampil), menggunakan alat 27.25 (terampil), dan membaca hasil pengukuran pada alat 27 (terampil). Siklus III sub gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dengan menggunakan alat tiker timer dan mobil mainan berbaterai yang meliputi pengetahuan prosedural untuk menyiapkan alat 30 (terampil), merangkai alat 28,5 (terampil), menggunakan alat 29,5 (terampil), dan membaca hasil pengukuran pada alat 29,75 (terampil). Pengetahuan prosedural siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran berbasis PKP dengan metode inkuiri.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 21:21
Last Modified: 03 Dec 2013 21:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200