VASKY, SHERRA VANANDA and Ganefi, Ganefi and Edi, Hermansyah (2016) Pertanggung Jawaban Perusahaan Asuransi Terhadap Penawaran Produk Melalui Handphone Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI (VASKY SHERRA VANANDA - B1A011043).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Semakin majunya perkembangan zaman, telemarketing menjadi salah satu saluran
distribusi yang digunakan Perusahaan Asuransi dan Bank untuk memasarkan produk
asuransi dalam kerjasama bancassurance. Kelebihan yang ditawarkan telemarketing
adalah lebih hemat biaya dan waktu, dan dapat menjangkau lebih banyak calon
konsumen. Akan tetapi bagaimana jika penawaran produk melalui handphone
tersebut justru mengganggu kenyamanan masyarakat? Seringkali para telemarketer
memaksa konsumen dalam hal menawarkan produknya, biasanya hal ini tidak
didahului oleh persetujuan dari konsumen yang bersangkutan. Maka timbul masalah
sebagai berikut: pertama, bagaimana mekanisme penawaran produk yang dilakukan
Perusahaan Asuransi menggunakan handphone menurut Peraturan OJK Nomor
1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan; kedua,
apakah bentuk tanggung jawab perusahaan asuransi yang melakukan penawaran
produk menggunakan handphone tanpa persetujuan konsumen terlebih dahulu. Dari
penelitian yang bersifat yuridis normatif dengan metode penelitian kepustakaan
menghasilkan kesimpulan bahwa telemarketing tidak dilarang oleh OJK, selama ada
persetujuan terlebih dahulu dari konsumen sebelum melakukan penawaran. Tidak
hanya itu, bank juga tidak dapat menyebarkan data nasabahnya kepada pihak ketiga
sebelum mendapatkan tandatangan persetujuan dari nasabah. Disarankan kepada
masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memberikan data pribadinya. Sebaiknya
sebelum membuka rekening perhatikan terlebih dahulu apakah ada poin tentang
pemberian izin nasabah dalam hal penawaran produk bank lainnya melalui sarana
komunikasi pribadi.
Kata Kunci: Bancassurance, Telemarketing, Perlindungan Konsumen Keuangan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | Irma Rohayu, S.IPust |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:59 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29592 |