PENGARUH VIRAL MARKETING, HARGA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu)

Mihartinah, Duwi and Sularsih, Anggarawati and Nasution, Nasution (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING, HARGA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
TESIS DUWI MIHARTINAH (C2B019006) MM 40 UNIB - duwi mihartinah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Keputusan pembelian adalah keputusan yang diambil konsumen untuk
melakukan pembelian suatu produk melalui tahapan-tahapan yang dilalui konsumen
sebelum melakukan pembelian yang meliputi kebutuhan yang dirasakan, kegiatan
sebelum membeli, perilaku waktu memakai, dan perasaan setelah membeli.
Keputusan pembelian online adalah tahap atau suatu proses saat konsumen
melakukan proses pembelian yang didasari oleh hasil seluruh pengetahuan yang
konsumen miliki terhadap suatu produk yang akan menjadi pertimbangan antara
dua atau lebih alternatif produk yang tersedia dalam memilih suatu produk dimana
proses pembelian dilakukan melalui jalur internet baik melalui sosial media,
market place atau bentuk dari e-commerce lainya.
Keputusan pembelian dapat dinilai baik secara kuantitatif maupun secara
kualitatif. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah viral marketing,
harga dan kepercayaan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menguji dan
Menganalisis Pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian online
melalui instagram. 2) Menguji dan menganalisis pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian online melalui instagram. 3) Menguji dan menganalisis
pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online melalui
instagram. 4) Menguji dan menganalisis pengaruh viral marketing, harga, dan
kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online melalui instagram.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif
umumnya ditujukan untuk membuat generalisasi dari hasil analisis, dan
penelitiannya dapat di replikasi, populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa
Universitas Bengkulu, pengambilan sampel yang digunakan dan penelitian ini
menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate
stratified random sampling. Jumlah sampel sebesar 265 responden yang diambil
melalui kuisioner google form dengan menggunakan metode analisis regresi
berganda.
Berdasarkan hasil uji signifikan parameter individual (Uji t) pengujian
pengaruh parsial dilakukan dengan cara membandingkan nilai t
statistic dimana pada
penelitian ini nilai t
statistic sebesar 3.708 yang lebih besar dari ttabel (1.656) dengan
tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Nilai -value 0,000 < α 0,050 maka disimpulkan
bahwa hipotesis pertama (H1) yang berbunyi viral marketing berpengaruh terhadap
ix
keputusan pembelian diterima. Selanjutnya, hasil pengujian hipotesis kedua (H2)
diketahui bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Dimana pada penelitian ini nilai t
statistic sebesar 3.146 yang lebih besar
dari t
tabel (1.656) dengan tingkat signifikansi 0.002 < 0.05. maka variabel
independen secara parsial berpengaruh terhadap variabel dependen. Karena nilai -
value 0,002 < α 0,05 maka disimpulkan bahwa hipotesis kedua (H2) yang berbunyi
harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian diterima. Selanjutnya, hasil
pengujian hipotesis ketiga (H3) diketahui bahwa kepercayaan Konsumen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana pada
penelitian ini nilai t
statistic sebesar 20.925 yanglebih besar dari ttabel (1.656) dengan
tingkat signifikansi 0.00 < 0.05. maka variabel independen secara parsial
berpengaruh terhadap variabel dependen. Karena nilai -value 0,002 < α 0,05 maka
disimpulkan bahwa hipotesis ketiga (H3) yang berbunyi kepercayaan Konsumen
berpengaruh terhadap keputusan pembelian diterima.
Berdasarkan hasil uji godness of fit model (Uji f) Dari hasil analisis data,
diperoleh nilai F-hitung sebesar 314.676 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000.
Jika nilai probabilitas 0,000 tersebut dibandingkan dengan nilai alpha 0,05 maka
nilai < α 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel viral
marketing, harga dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Dengan demikian hipotesis ke empat (H4) yang berbunyi
viral marketing, harga dan kepercayaan Konsumen berpengaruh terhadap keputusan
pembelian diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa: 1) Viral marketing berpengaruh positif signifikan terhadap
keputusan pembelian online melalui media sosial instagram. Hasil ini berarti bahwa
jika penggunaan viral marketing semakin maksimal, maka keputusan pembelian
akan semakin meningkat. 2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap
keputusan pembelian online melalui media sosial instagram. Hasil ini berarti bahwa
jika kesesuain harga semakin tinggi, maka keputusan pembelian akan semakin
meningkat. 3) Kepercayaan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap
keputusan pembelian online melalui media sosial instagram. Hasil ini berarti bahwa
jika kepercayaan konsumen semakin tinggi, maka keputusan pembelian akan
semakin meningkat. 4) Viral marketing harga dan kepercayaan konsumen
berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui media
sosial instagram. Hasil ini berarti bahwa jika penggunaan viral marketing, sudah
maksimal, kesesuaian harga dan kepercayaan konsumen semakin tinggi, maka
keputusan pembelian akan semakin meningkat.
Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka saran yang diberikan adalah
sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil penelitian diketahui variabel viral marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Peneliti
memberikan saran terutama untuk penjualan online melalui sosial media instagram
untuk dapat menunjang keberhasilan pada viral marketing melalui pemanfaatan
sharing informasi melalui sosial media serta detail informasi produk dan
penggunaan iklan harus dimaksimal sehingga akan mampu mendorong keputusan
pembelian. 2) Berdasarkan hasil penelitian diketahui variabel harga berpengaruh
x
xi
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Peneliti memberikan saran
terutama untuk penjualan online melalui sosial media instagram untuk dapat
memperhatikan dan dikondisikan dengan baik keterjangkauan harga, kesesuaian
kemampuan dan daya saing harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk serta,
kesesuaian harga dan manfaat terhadap produk sehingga akan mampu mendorong
keputusan pembelian. 3) Berdasarkan hasil penelitian diketahui variabel
kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Peneliti memberikan saran terutama untuk penjualan online melalui
sosial media instagram untuk dapat menunjukkan kesungguhan untuk dapat
melaksanakan proses pembelian yang sudah di sepakati, penjual dapat menjamin
keberlangsungan proses pembelian, memberikan garansi produk serta respon
keluhan terhadap produk sehingga akan membentuk kepercayaan konsumen dan
mampu mendorong keputusan pembelian.
Kata Kunci : Viral marketing,harga,kepercayaan konsumen, keputusan pembelian
online

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:26
Last Modified: 16 Oct 2025 03:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29656

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor