PUSPITASARI, LIDYA and Nova, Yustisia and Nurmukaromatis, Saleha (2023) PERSEPSI PASIEN TERHADAP PERILAKU CARING PERAWAT DI RUANG MELATI RSUD Dr. M. YUNUS BENGKULU. Diploma thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png) Archive (Thesis)
            
              
Archive (Thesis)
Lidya Puspitasari-.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Perilaku caring perawat menjadi salah satu indikator mutu pelayanan suatu rumah 
sakit. Caring merupakan tindakan dalam komunikasi, dukungan pada pasien serta 
memperhatikan asuhan fisik yang harus dilakukan sebagai bentuk kebaikan dan 
kepedulian perawat untuk meningkatkan rasa aman dan mendukung penyembuhan 
pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi pasien terhadap 
perilaku caring perawat di ruang melati RSUD Dr. M.Yunus Bengkulu. Penelitian 
ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengambilan 
sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah populasi pada 
penelitian ini adalah 118 orang pasien dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 54
orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang
mempersepsikan perilaku caring perawat di ruang melati RSUD Dr. M. Yunus 
Bengkulu baik sebanyak 51 orang responden (94,44%), dan yang kurang baik 
sebanyak 3 orang responden (5,55%), serta dilihat juga dari kelima dimensi 
caring yang menunjukkan bahwa 50 orang responden (92,59%) menyatakan 
Maintening Belief (Kepekaan) perawat baik, 53 orang responden (98,14%) 
menyatakan Knowing (Mengetahui) perawat baik, 53 orang responden (98,14%) 
menyatakan Being With (Kehadiran) perawat baik, 51 orang responden (94,44%) 
menyatakan Doing For (Melakukan) perawat baik, dan 52 orang responden 
(96,29%) menyatakan Enabling (Memampukan) perawat baik. Diharapkan
perawat tetap mempertahankan dan meningkatkan perilaku caring dalam
melakukan asuhan keperawatan pada pasien, agar pasien mendapatkan kualitas 
pelayanan sesuai dengan yang mereka harapkan.
Kata kunci : Persepsi Pasien, Caring, Perawat
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QM Human anatomy | 
| Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Diploma Nursing | 
| Depositing User: | Oka Ariani S.IPust | 
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:31 | 
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:31 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29893 | 

