Ismayani, Ismayani and Fahruzzaman, Fahruzzaman and Eddy, Suranta (2020) EKSPERIMENTAL MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AKUNTANSI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Seluma). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS LENGKAP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan melakukan eksperimen metode pembelajaran Quantum
Teaching terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Seluma
Kecamatan Seluma Kabupaten Seluma terdiri dari: 1) Subjek Penelitian adalah siswa
kelas XII IPS 1 yang berjumlah 26 siswa , 2) Subjek Penelitian Kuasi Eksperimen
adalah siswa kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XII IPS 3
menjadi kelas kontrol dimana masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa.. Sebelum
memilih kelas sampel, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas varians.
Karena data sudah normal dan homogen maka dilanjutkan dengan uji kesamaan rata�rata. Teknik analisis data dalam eksperimen ini menggunakan (1) Pengamatan Siswa
Pada Saat Pembelajaran Berlangsung, (2) Respon Siswa Terhadap Model Quantum
Teaching, (3) Uji Beda dengan Wilcoxon Sign Rank Test untuk menguji hipotesis
pertama dan (4) Uji Beda dengan Mann-Whitney U Test untuk menguji hipotesis
kedua. Hasil penelitian menunjukkan (1) Respon siswa yang diberikan model
pembelajaran Quantum Learning sudah sangat baik, (2) Para siswa yang dijadikan
eksperimen dengan model pembelajaran quantum learning lebih dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa dimana para siswa menganggap bahwa dengan model
pemebelajaran tersebut mampu meningkatkan pemahaman bagi para siswa sehingga
para siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, (3) Terdapat perbebedaan
pada hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Seluma yang mengikuti
pembelajaran Quantum Teaching dan sebelum mwngikuti pembelajaran Quantum
Teaching untuk mata pelajaran akuntansi serta (4) ada perbedaan nilai hasil belajar
antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Quantum Teaching sebagai
kelompok eksperimen dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
metode konvensional sebagai kelompok kontrol.
Kata Kunci:, Quantum Teaching, Pre Test, Post Test, Hasil Belajar dan Respon
Siswa
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Accounting Program |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:41 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 02:41 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/29943 |

