ADBULLAH, SLAMET and Puspa, Djuwita and Agus, Susanta (2020) STUDI DESKRIPTIF PENGEMBANGAN PERILAKU DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 08 SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Tesis Slamet Abdullah (A2G016041).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeksripsikan perencanaan pembelajaran
PKn dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa; (2) pelaksanaan program
perencaan pengembangan perilaku disiplin siswa; dan (3) penilaian perkembangan
perilaku disiplin siswa. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru
dan siswa SD Negeri 08 Seberang Musi. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui
perpanjangan pengamatan, member check dan analisis kasus negatif. Data yang
diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini dalam tahap perencanaan guru merencanakan
pengembangan perilaku disiplin melalui integrasi perilaku di dalam RPP dan
merancang program pembiasaan perilaku. Pada tahap pelaksanaan perkembangan
perilaku disiplin siswa muncul pada kegiatan yang dirancang di dalam dengan
kegiatan pembiasaan yang dilakukan tiap harinya, meliputi kegiatan rutin,
kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Tahap penilaian guru menilai
perkembangan perilaku disiplin siswa dengan mengunakan jurnal pengembangan
perilaku dan lembar observasi perilaku siswa pada proses pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran PKn, Pengembangan dan Penilaian Perilaku
Disiplin
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:05 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:05 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30068 |

