Sari, Ratna and Abdul, Muktadir and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN PENDEKATAN CLIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS V GUGUS V SDN REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS RATNA SARI (A2G018021) fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model concept sentence
dengan pendekatan CLIL terhadap pengetahuan mengidentifikasi karangan narasi
dengan 5W+1H di kelas V, 2) mengetahui pengaruh model concept sentence
dengan pendekatan CLIL terhadap keterampilan menulis karangan narasi di kelas
V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
Quasi Experimental Research dengan disain penelitian One Group Pretest dan
Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V Gugus
V SDN Rejang Lebong yang terakreditasi A, berjumlah 222 siswa, yaitu SDN
110, SDN 111, dan SDN 114. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster
random sampling. Sampel dalam penelitian 1 rombel, yang merupakan kelas
eksperimen terdiri dari 32 siswa SDN 111 Rejang Lebong. Instrumen penelitian
digunakan dalam bentuk tes pengetahuan dan keterampilan menulis karangan
narasi dengan 5W + 1H yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran
berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data penelitian
dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis inferensial,
yaitu uji-t one sampel. Data diperoleh dari hasil penelitian rata-rata pretest
pengetahuan kelas eksperimen (53) dan rata-rata pretest keterampilan kelas
eksperimen (42). Data penelitian rata-rata posttest pengetahuan kelas eksperimen
(68) dan rata-rata posttest keterampilan kelas eksperimen (69). Hasil data uji-t
adalah nilai posttest pengetahuan menunjukkan sig. (2-tailed) (0,468) > α (0,05).
Untuk itu artinya Ho ditolak. Dan untuk sampel tes posttest keterampilan menulis
karangan narasi menunjukkan sig. (2-tailed) (0,552) > α (0,05). Untuk itu artinya
Ho ditolak. Karena kedua hipotesis tersebut adalah Ho yang ditolak, yang berarti
Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh
penerapan konsep model concept sentence dengan pendekatan CLIL terhadap
pengetahuan mengidentifikasi karangan narasi dengan 5W+1H di kelas V Gugus
V SDN Rejang Lebong, 2) ada pengaruh penerapan konsep model concept
sentence dengan pendekatan CLIL terhadap keterampilan menulis karangan narasi
di kelas V Gugus V SDN Rejang Lebong. Perbedaan tersebut ditunjukkan setelah
siswa mengikuti pembelajaran teks narasi dengan menerapkan konsep model
pembelajaran kalimat dengan pendekatan CLIL.
Kata kunci : Concept Sentence, Pendekatan CLIL, Pengetahuan,
Keterampilan, Karangan Narasi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:12 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:12 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30073 |

