PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 89 KOTA BENGKULU

Idison, Julian and Agus, Susanta and Abdul, Muktadir (2020) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 89 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS JULIAN IDISON.pdf] Text
TESIS JULIAN IDISON.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah produk berupa Lembar Kerja
Siswa (LKS) Matematika berbasis inquiri untuk siswa kelas IV SD pada materi
bangun datar, serta menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan efektif untuk
meningkatkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam belajar.
Penelitian ini merupahkan penelitian pengembangan R and D, dimana model
pengembangan diadaptasi dari model Borg dan Gall. Data dianalisis
menggunakan formula Aiken’s V dan diperoleh katagori tinggi dengan
konsistensi antar 4 ahli berada pada indeks sedang. Nilai kepraktisan LKS
Matematika yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan dalam
pembelajaran. Keefektifan LKS untuk digunakan dalam pembelajaran diketahui
dari hasil korelasi antara nilai peserta didik dengan keterlibatan setelah melakukan
pembelajaran menggunakan LKS, hasil korelasi tersebut tinggi yang berarti
terdapat hubungan. Untuk melihat keefektifan secara outentik, dengan melakukan
uji t, hasil analisis diketahui thitung ˃ ttabel, sehingga LKS Matematika efektif
digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata nilai peserta didik yang diperoleh
setelah belajar menggunakan LKS lebih tinggi dari rata-rata nilai peserta didik
tanpa menggunakan LKS. Secara umum LKS Matematika berbasis inquiri pada
materi bangun datar dapat meningkatkan pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural matematika di kelas IV.
Kata kunci: LKS Matematika, pengetahuan, inquiri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:30
Last Modified: 21 Oct 2025 08:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor