Sukmawijaya, Andi and Wisma, Yunita and Dedi, Sofyan (2020) AN ANALYSIS OF HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ON THE COMPULSORY ENGLISH TEXTBOOK FOR THE TENTH GRADE OF INDONESIAN SENIOR HIGH SCHOOLS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
THESIS ANDI SUKMAWIJAYA PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan komposisi skill - skill
(Membaca, mendengar, menulis, berbicara) bahasa Inggis dan
pengetahuan bahasa (kosa kata dan grammar) dari HOTS berdasarkan dari
teori Taksonomi Bloom yang telah direvisi didalam buku “Bahasa Inggris
Kelas X SMA/SMK/MA/MAK” yang diterbitkan oleh Kemendikbud Tahun
2017 serta mejelaskan relevansi buku teks pelajaran tersebut dengan
Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah analisa isi yang menggunakan kartu
analisa isi sebagai instrumen di dalam menganalisa data di dalam buku
pelajaran. Yang terdiri data analisa data dan dokumentasi. Data penelitian
ini menggunakan beberapa tahapan, yaitu: menghimpun, menentukan,
mengumpulkan lagi, menafsirkan, menyimpulkan. Di dalam research ini,
peneliti menggunakan kartu analisis sebagai instrument di dalam
menganalisa buku teks. Data yang dianalisa menggunakan kualitative. Hasil
dari penelitian ini adalah komposisi HOTS pada buku ini adalah relevant
terhadap kurikulum 2013. Komposisi HOTS di dalam skill-skill bahasa dan
pengetahuan bahasa terintegrasi dengan baik. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa buku bahasa inggris kelas X SMA/SMK/MA/MAK adalah
relevan dengan Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti
menyarankan bahwa guru harus melatih siswa secara menyeluruh dalam
menerapkan HOTS guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh
Kurikulum 2013.
Kata Kunci: Buku Teks pelajaran, High Order Thinking Skill (HOTS)
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of English Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 03:02 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 03:02 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30111 |

