PENGEMBANGAN KARIER KARYAWAN BANK BENGKULU (Studi Deskriptif Kualitatif Di Bank Bengkulu Cabang Tais)

Mahfud, Ade and Willy, Abdillah and Trisna, Murni (2020) PENGEMBANGAN KARIER KARYAWAN BANK BENGKULU (Studi Deskriptif Kualitatif Di Bank Bengkulu Cabang Tais). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
TESIS ADE MAHFUD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Karyawan Bank Bengkulu merupakan Sumber Daya Manusia mempunyai
peranan yang penting dan dominan, dengan latar belakang demografi yang
berbeda-beda. Faktor-faktor di antaranya adalah pengalaman, usia, masa kerja,
kepangkatan, dan senioritas masih berpengaruh dalam pengembangan karier.
Selain faktor-faktor di atas, karyawan yang memiliki kolega dalam Bank
Bengkulu, kadang kala pengembangan karir lebih cepat dari peda karyawan yang
tidak memiliki kolega, walaupun dia memiliki pendidikan yang tinggi dan skill
yang baik. Sistem pengembangan karir Bank Bengkulu masih menganut sistem
nepotisme dalam pelaksanaan pengembangan karier di Bank Bengkulu, sehingga
terjadi kecemburuan sosial antara sesama karyawan Bank Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis pengembangan
karier karyawan Bank Bengkulu ditinjau faktor internal dan faktor eksternal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau naturalistik karena dilakukan
pada kondisi yang alamiah. Informan penelitian ini adalah Karyawan Bank
Bengkulu Cabang Tais dengan jumlah 5 orang diambil dengan metode pourposive
sampling. Analisis data dalam model ini terdiri dari empat komponen yang saling
berinteraksi, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian pengembangan karir fokus internal di Bank Bengkulu
belum optimal dikarenakan pengembangan karir untuk rotasi jabatan yang
dilakukan belum menggunakan penilaian prestasi kerja karyawan, dan
pengembangan karir fokus eksternal belum optimal dikarenakan pengembangan
karir dalam bentuk permainan peran (role playing) yang hanya terfokus pada
frontliner saja, pembelajaran melalui metode kuliah digunakan untuk pendidikan
dan pelatihan saja, pembelajaran secara khusus (self study) belum bisa
dilaksanakan sepenuhnya oleh karyawan dikarenakan faktor beban kerja yang
berat.
Saran kepada manajemen Bank Bengkulu hendaknya dapat mendukung
pengembangan karier karyawan. Rotasi jabatan harus mempertimbangkan
berbagai aspek bukan hanya faktor pertimbangan pimpinan dengan manajemen
saja, instrumen penilaian kinerja Bank Bengkulu seperti KPI dapat digunakan
juga dalam melakukan Rotasi Jabatan tersebut. Kemudian rancang program
coaching yang mampu meningkatkan skill, pengetahuan dan wawasan karyawan
viii
dalam bekerja, baik itu melalui metode studi kasus, role play, self study yang akan
memberikan pengingkatan kualitas SDM yang lebih baik.
Kata Kunci: Pengembangan Karir, Internal, Eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Oct 2025 04:45
Last Modified: 25 Oct 2025 04:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30356

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor