PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN TRUST TERHADAP KINERJA KARYAWAN P.T. DARIA DHARMA PRATAMA KABUPATEN MUKOMUKO

Gunawan, Hendra and Syaiful, Anwar and Paulus, Suluk Kananlua (2020) PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN TRUST TERHADAP KINERJA KARYAWAN P.T. DARIA DHARMA PRATAMA KABUPATEN MUKOMUKO. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis Hendra Gunawan_C2B015128.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Knowledge sharing dan trust membawa banyak nilai positif bagi
organisasi. Pengetahuan dan wawasan yang dimiliki karyawan akan semakin
bertambah, juga sebagai sarana komunikasi antar karyawan agar hubungan
interpersonal menjadi erat. Knowledge sharing dan trust adalah faktor terpenting
yang mempengaruhi perkembangan organisasi, kinerja organisasi dan kinerja
individu dan mempelajari perilaku manusia merupakan hal penting untuk
mempelajari kinerja individu. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui
pengaruh knowledge sharing dan trust terhadap kinerja karyawan P.T. Daria
Dharma Pratama Kabupaten Mukomuko; (2) Mengetahui pengaruh knowledge
sharing terhadap kinerja karyawan P.T. Daria Dharma Pratama Kabupaten
Mukomuko; dan (3) Mengetahui pengaruh trust terhadap kinerja karyawan P.T.
Daria Dharma Pratama Kabupaten Mukomuko.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang
merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari
suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan angka-angka statistik. Jenis
data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran
kuesioner. Responden penelitian ini adalah karyawan P.T. Daria Dharma Pratama
Kabupaten Mukomuko sebanyak 189 orang yang diambil dengan teknik sensus.
Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier
berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Knowledge sharing dan
trust berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan P.T. Daria Dharma Pratama
Kabupaten Mukomuko. Artinya, jika knowledge sharing dan trust meningkat,
maka kinerja karyawan juga akan meningkat; (2) Knowledge sharing berpengaruh
positif terhadap kinerja karyawan P.T. Daria Dharma Pratama Kabupaten
Mukomuko. Artinya, jika knowledge sharing semakin meningkat maka kinerja
karyawan akan meningkat; dan (3) Trust berpengaruh positif terhadap kinerja
karyawan P.T. Daria Dharma Pratama Kabupaten Mukomuko. Artinya, jika trust
semakin meningkat maka kinerja karyawan akan meningkat.
Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka saran yang dilakukan adalah
sebagai berikut: (1) Meningkatkan knowledge sharing karyawan dengan cara
saling memberikan informasi dalam meningkatkan efektivitas kerja dan kinerja
karyawan; dan (2) Meningkatkan trust (kepercayaan) melalui komunikasi yang
vii
viii
terbuka antar karyawan dan manajemen, sehingga setiap karyawan merasakan
diperlakukan secara adil oleh organisasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa knowledge sharing dan trust
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil
tersebut, implikasi hasil penelitian yang dapat dilakukan adalah: (1)
Meningkatkan knowledge sharing karyawan mengenai prosedur dan pembagian
tugas yang jelas. Adanya informasi yang berimbang mengenai prosedur dan
pembagian tugas, akan meningkatkan efektivitas kerja dan kinerja karyawan.
Knowledge sharing membawa banyak nilai positif bagi organisasi. Pengetahuan
dan wawasan yang dimiliki karyawan akan semakin bertambah, juga sebagai
sarana komunikasi antar karyawan agar hubungan interpersonal menjadi erat.
Knowledge sharing adalah faktor terpenting yang mempengaruhi perkembangan
organisasi, kinerja organisasi dan kinerja individu dan mempelajarinya merupakan
hal penting. Hasil penting dari knowledge sharing adalah adanya knowledge baru
dan inovasi yang akan meningkatkan kinerja individu, akhirnya meningkatkan
kinerja oganiasasi; (2) Menjalin hubungan kerjasama dengan dasar saling percaya
(trust). Melalui komunikasi yang terbuka antar karyawan dan manajemen,
sehingga setiap karyawan merasakan diperlakukan secara adil oleh organisasi.
Trust mencakup elemen-elemen yaitu karyawan berada dalam suatu situasi
dimana pilihan untuk mempercayai rekan kerja mungkin akan mendatangkan
akibat yang menguntungkan atau merugikan. Oleh karena itu karyawan menyadari
bahwa ada suatu resiko dari kepercayaan (trust), karyawan menyadari bahwa
apakah akibat yang dihasilkan itu untung atau rugi tergantung pada apa yang
dilakukan rekan kerja, karyawan merasa percaya bahwa rekan kerja akan
berperilaku seolah-olah menghasilkan akibat yang menguntungkan. (3)
Menetapkan standar kinerja karyawan yang mudah dicapai, sehingga karyawan
akan mampu bekerja secara maksimal sesuai dengan tanggungjawabnya. Semakin
karyawan memahami apa yang diharapkan darinya, semakin kuat kemungkinan
bahwa orang bersangkutan akan mampu mengemban tanggung jawab posisi
tersebut dengan mulus. Pada akhirnya penilaian kinerja oleh penyelia akan lebih
obyektif dan relevan sekiranya berdasarkan pernyataan apa yang diharapkan.
Kata Kunci : Knowledge Sharing, Trust dan Kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Oct 2025 05:09
Last Modified: 25 Oct 2025 05:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30360

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor