Yudono, Sandhi and Budiyono , Budiyono and Sugeng, Suharto (2007) KAJIAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN (Studi Pada Badan Perpustakaan Propinsi Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![I,II,III-SAN-FISIP.pdf [thumbnail of I,II,III-SAN-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-SAN-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
![IV,V-SAN-FISIP.pdf [thumbnail of IV,V-SAN-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-SAN-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Keberhasilan perpustakaan sangat ditentukan oleh layanan yang diberikan kepada
pemakai. Agar kualitas layanan perpustakaan meningkat maka pengelola perpustakaan
harus dapat merespon kebutuhan pemakai. Sejalan dengan perkembangan tuntutan
informasi yang semakin tinggi, Badan Perpustakaan Propinsi Bengkulu terus berusaha
meningkatkan kualitas pelayanannya. Sehingga dengan upaya membangun kualitas
layanan masyarakat, diharapkan Badan Perpustakaan Propinsi Bengkulu ke depan akan
lebih berkualitas dan tetap eksis serta diterima di hati masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Badan
Perpustakaan Propinsi Bengkulu. Variabel penelitian terdiri dari 5 unsur-unsur yang
berkaitan dengan layanan. 1). Koleksi perpustakaan, 2). Petugas layanan, 3). Layanan
perpustakaan, 4). Fasilitas perpustakaan, 5). Peraturan/tata tertib perpustakaan. Setiap
variabel penelitian dirinci ke dalam 5 item pertanyaan, dengan demikian jumlah
pertanyaan sebanyak 25 butir pertanyaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sehubungan dengan
itu, metode yang digunakan untuk menjaring data dan informasi meliputi : observasi,
wawancara, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis data
menggunakan metode deskriptif analisis dengan tujuan memecahkan permasalahan
berdasarkan fakta yang terkumpul pada waktu penelitian.
Hasil analisis data dan kajian variabel menunjukkan bahwa dalam realitasnya, iklim
layanan yang ada tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat. Petugas layanan
yang seharusnya berperan sebagai penyedia informasi ternyata belum nampak, tetapi
masih menunjukkan sosok sebagai penjaga buku bahkan terkesan sebagai agen tunggal
seorang birokrat. Dari segi kualitas teknis, banyak dijumpai petugas yang belum
memiliki kemampuan teknis perpustakaan, berkomunikasi, manajerial, penguasaan
teknologi informasi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 015 Heppy Rosita Damanik |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 13:37 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 13:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3043 |