Hasan, Febriarti and Syaiful, Anwar and Nasution, Nasution (2020) PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEWS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA PLATFORM ONLINE MARKETPLACE C2C. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Tesis FEBRIARTI HASAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan infrastruktur pendukung jaringan internet dan banyaknya pilihan
perangkat untuk mengaksesnya telah memberikan kemudahan bagi penduduk di
Indonesia dalam mengakses internet di mana saja dan kapan saja. Kemudahan dan
penyebaran akses internet tersebut sangat mendukung bertumbuh dan
berkembangnya ekosistem jual beli online atau electronic commerce (e-commerce)
di Indonesia. Permulaan e-commerce ditandai dengan hadirnya situs web Bhinneka
dan forum Kaskus khususnya Forum Jual Beli (FJB) pada tahun 1999
(Bhinneka.com, 2017).
Sejak saat itu, e-commerce di Indonesia telah banyak berkembang dan berevolusi,
namun masih terdapat beberapa hal yang menjadi kendala dalam
perkembangannya, salah satunya yaitu kendala kepercayaan. Dharmaadi dan
Supangkat (2014) menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna yang ingin
berbelanja kurang mempercayai situs-situs e-commerce. Calon konsumen e�commerce hanya dapat mengandalkan deskripsi dan gambar produk yang
ditampilkan oleh penjual sehingga dihadapkan dengan risiko menerima produk
yang tidak sesuai dengan informasi yang diterimanya. Salah satu sumber informasi
yang banyak digunakan oleh pengguna platform online marketplace C2C adalah
online consumer reviews yang merupakan salah satu bentuk dari electronic word�of mouth (e-WOM).
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh online
consumer reviews terhadap keputusan pembelian produk fashion pada platform
online marketplace C2C. Peneltian dilakukan terhadap 180 responden yang
berdomisili di Kota Bengkulu. Mereka merupakan pengguna marketplace C2C
yang pernah membeli produk fashion di marketplace Tokopedia, Shopee atau
Bukalapak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas review memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan sebesar 35,8% terhadap keputusan pembelian produk fashion
pada platform online marketplace C2C. Volume review memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan sebesar 29%. Kemudian, review valence memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan sebesar 30,3%. Review timeliness memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan sebesar 22,2%. Kredibilitas sumber review juga
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 32%. Secara keseluruhan,
vii
online consumer reviews memberikan pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian sebesar 47,2%.
Kata kunci: Online consumer reviews, Kualitas review, Volume review, Review
valence, Review timeliness, Kredibilitas sumber review, Keputusan pembelian.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:22 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:22 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30500 |

