Yuliviana, Dhina and Effed, Darta Hadi and Sularsih, Anggarawati (2020) ANALISIS NIAT NASABAH BANK BCA CABANG BENGKULU DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS DHINA YULIVIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Model TAM banyak digunakan untuk memprediksi tingkat akseptasi pemakai
(user acceptance) dan pemakaian yang berdasarkan persepsi terhadap kemudahan
penggunaan teknologi informasi (perceived usefulness) dengan mempertimbangkan
kemudahan dalam penggunaan TI (Perceived Ease of Use). Resiko (risk) transaksi dan
kelengkapan fitur layanan internet banking merupakan hal yang sangat
dipertimbangkan dalam melakukan transaksi maya (virtual) karena jarak, kemampuan
teknologi dalam memfasilitasi transaksi, layanan yang tidak bertatap muka dengan
teller/customer service dan banyak hal yang dipertimbangkan nasabah bank dalam
transaksi melalui online banking. Variabel resiko dan fitur layanan ditambahkan untuk
melihat bagaimana perilaku nasabah bank untuk menggunakan internet banking.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris pengaruh kemudahaan
penggunaan, kenyamanan, kepercayaan, dan fitur layanan terhadap niat nasabah Bank
BCA menggunakan fasilitas internet banking. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah
data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini
adalah sebanyak 150 orang nasabah Bank BCA pengguna internet banking. Metode
analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil bahwa: (1) Kemudahan dalam
penggunaan layanan internet banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat nasabah Bank BCA menggyunakan layanan internet banking (KlikBCA) di
Bengkulu; (2) Kenyamanan nasabah dalam penggunaan layanan internet banking
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah Bank BCA menggyunakan
layanan internet banking (KlikBCA) di Bengkulu; (3) Kepercayaan nasabah dalam
layanan internet banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah
Bank BCA menggyunakan layanan internet banking (KlikBCA) di Bengkulu; dan (4)
Fitur layanan internet banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
nasabah Bank BCA menggyunakan layanan internet banking (KlikBCA) di Bengkulu.
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat
diberikan adalah: (1) Untuk mendapatkan hasil yang lebih umum tentang adopsi
layanan internet bankin di Bengkulu perlu dilakukan perluasan objek dapat
dikembangkan untuk seluruh nasabah bank di Kota Bengkulu yang menggunakan
internet banking; (2) Untuk hasil yang lebih akurat, sebaiknya populasi pengguna
vii
viii
internet banking diketahui jumlahnya secara pasti agar sampel penelitian memang
merupakan jumlah yang mewakili dari jumlah keseluruhan pengguna internet banking.
Kata Kunci: Kemudahan; Kenyamanan; Kepercayaan; Fitur layanan; dan Minat
Menggunakan
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:12 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 08:12 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30522 |

