PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA/TARIF DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUASAAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD Dr. M. YUNUS BENGKULU

Selviani, Delvita and Effed, Darta Hadi and Syaiful, Anwar (2020) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA/TARIF DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUASAAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD Dr. M. YUNUS BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
TESIS - DELVITA SELVIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Rumah sakit sebagai institusi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan
mengalami perubahan pada awal perkembangannya. Rumah Sakit adalah lembaga
yang berfungsi sosial, tetapi dengan adanya rumah sakit swasta, menjadikan rumah
sakit lebih mengacu sebagai suatu industri yang bergerak dalam bidang pelayanan
kesehatan dengan melakukan pengelolaan yang berdasar pada manajemen badan
usaha. Seiring dengan itu, terjadi persaingan antara sesama rumah sakit baik rumah
sakit milik pemerintah maupun rumah sakit milik swasta, semua berlomba-lomba
untuk menarik konsumen agar menggunakan jasa dari rumah sakit itu sendiri.
Permaslaahan yang akan diuji pada penelitian ini adalah bagaimana
pengaruh kualitas layanan jasa, tarif dan citra rumah sakit terhadap kepuasan pasien
di RSUD Dr. M Yunus Bengkulu. Selaras dengan rumusan masalah tersbut, tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan jasa, tarif dan
citra rumah sakit terhadap kepuasan pasien di RSUD Dr. M Yunus Bengkulu.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh
dari hasil penyebaran kuesioner kepada pasien umu rawat jalan RSUD Dr. M.
Yunus Bengkulu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kualitas layanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit
Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu. Hasil ini berarti bahwa semakin
tinggi kualitas layanan, maka kepuasan pasien semakin tinggi; (2) Harga/tarif
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu. Hasil ini berarti
bahwa semakin tinggi harga/tarif layanan, maka kepuasan pasien semakin
menurun; (3) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus
Bengkulu. Hasil ini berarti bahwa semakin tinggi citra merek, maka kepuasan
pasien semakin tinggi; dan (4) Kualitas layanan, harga/tarif dan citra merek
berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum
Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu. Hasil ini berarti bahwa semakin tinggi
kualitas layanan, tarif yang semakin memadai dan citra merek yang semakin baik
maka kepuasan pasien semakin tinggi.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah bahwa kualitas
layanan, tarif dan brand image sangat penting dalam meningkatkan kepuasan
pasien. Kualitas layanan yang semakin meningkat, tarif yang memadai dan brand
image yang positif, akan mampu memberikan rasa puas kepada pasien berserta
dengan keluarganya.
Dari hasil penelitian, saran yang diajukan adalah: (1) Rumah Sakit Umum
Daerah (RSUD) Dr. M. Yunus Bengkulu hendaknya mampu meningkatkan kualitas
layanan kepada konsumen melalui pemberian pelayanan yang baik dengan
mengoptimalkan dengan memberikan pelayanan yang adil dengan tidak membeda�bedakan pasien; (2) Menerima setiap masukan dan saran pasien untuk
meningkatkan kualitas layanan di masa-masa mendatang. Jika pasien
menyampaikan kritik dan saran harus direspon dengan cepat. Hal ini dilakukan agar
pasien merasa bahwa jika menggunakan pelayanan rumah sakit pasien merasa
diuntungkan.
Kata Kunci: Kualitas layanan, Tarif, Citra merek dan Kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2025 08:21
Last Modified: 27 Oct 2025 08:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor