STRATEGI PENGEMBANGAN TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU

Junaidi, Didi and Mochammad, Ridwan and Muhammad, Rusdi (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis DIDI JUNAIDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja faktor internal dan eksternal
yang dimiliki untuk mendorong pengembangan objek wisata Taman Wisata Alam
Pantai Panjang sebagai objek wisata pada saat sekarang ini dan bagaimana strategi
yang tepat untuk pengembangan objek Taman Wisata Alam Pantai Panjang. Jenis
penelitian yang dilakukan adalah penelitian penelitian deskriftif dengan metode
kuantitatif,untuk mendeskripsikan dan menguji hubungan antara faktor internal
dan faktor eksternal dalam mengidentifikasi strategi yang tepat untuk
pengembangan objek penelitian. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
data kuantitatif yaitu data yang dapat dinyatakan dengan kalimat atau uraian.
Sumber data tersebut dikumpulkan dari data primer dan data sekunder. Sampel
penelitian ini berjumlah 40 orang dengan tahapan pengambilan sampel ini
dilakukan secara Teknik Porposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel
secara sengaja, maksudnya peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil
karena ada pertimbangan tertentu. Untuk melengkapi data yang sudah ada maka
peneliti akan melalukan wawancara yang dilakukan dengan metode tanya jawab
langsung kepada responden. Responden wawancara akan dilakukan kepada
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Kepala Badan Konservasi Sumber
Daya Alam Provinsi Bengkulu, dan Kasubdid Pemasaran Dinas Pariwisata
Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian akan dilakukan analisis dengan menggunakan
analisis SWOT yang selanjutnya akan dibuat matrik swot untuk mengetahui faktor
internal dan eksternal apa yang berpengaruh terhadap pengembangan objek
penelitian.
Dari hasil analisis faktor internal dan faktor eksternal maka di dapat strategi
pengembangan objek taman wisata alam pantai panjang adalah dengan
menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk menghadapi tantangan yang ada.
Kata Kunci :Strategi, Pariwisata, Pengembangan, Wisata Alam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Applied Economics Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2025 10:57
Last Modified: 27 Oct 2025 10:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30553

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor