ANALISIS KEPUTUSAN KAUM MILLENIAL MENABUNG DI TABUNGAN TAPLUS MUDA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG BENGKULU

Shanti, Aprida and Slamet, Widodo and Sularsih, Anggarawati (2020) ANALISIS KEPUTUSAN KAUM MILLENIAL MENABUNG DI TABUNGAN TAPLUS MUDA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis Aprida Shanti C2B017041.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Perilaku konsumen berkaitan langsung dengan kegiatan individu dalam
mendapatkan dan mempergunakan produk atau jasa, termasuk di dalamnya proses
dalam pengambilan keputusan konsumen. Seorang konsumen tentu saja
mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukan keputusan membeli atau
mengkonsumsi barang atau jasa. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah
mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan, fasilitas, promosi, dan
persepsi bunga bank terhadap keputusan kaum millennial menabung pada Taplus
Muda PT. Bank Negara Indonesia Cabang Bengkulu.
Banyak alasan atau pertimbangan seseorang untuk menabung di bank,
seperti rasa ingin tahu mengenai produk perbankan, untuk memperoleh keuntungan
juga untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial nya menyebabkan seseorang
mengambil keputusan untuk datang dan memilih suatu bank sebagai tempat
menabung. Tingkat persaingan dalam industri perbankan sekarang ini membuat
nasabah semakin pandai, cermat dan teliti dalam mencari layanan perbankan yang
baik dengan biaya yang kompetitif. Permata dkk (2017) menyatakan karena
semakin ketatnya persaingan didunia perbankan maka strategi pemasaran menjadi
komponen penting dalam peningkatan dan pengembangan stategi sebuah bank dan
pihak bank harus bisa memenuhi ekspetasi para konsumennya agar bisa terus
meninjukkan eksistensinya. Selain pesaing dari bank local para manajemen bank
juga harus menyusun strategi dalam menghadapi bank-bank asing yang mulai
bermunculan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang
merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari
suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan angka-angka statistik. Jenis
data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran
kuesioner. Responden penelitian ini adalah kaum millennial yang menabung di
tabungan Taplus Muda BNI Cabang Bengkulu di Kota Bengkulu sebanyak 339
orang. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier
berganda.
Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil (1) Variabel kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung kaum millennial
ix
pada Taplus Muda BNI. Hasil ini memberikan arti bahwa semakin tinggi
kepercayaan kaum millennial terhadap BNI, maka keputusan menabung akan
semakin tinggi pula, (2) Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan menabung kaum millennial pada Taplus Muda BNI. Hasil ini
memberikan arti bahwa perubahan pada kualitas layanan, tidak mempengaruhi
keputusan menabung. (3) Variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan menabung kaum millennial pada Taplus Muda BNI. Hasil ini
memberikan arti bahwa semakin baik fasilitas kaum millennial, maka keputusan
menabung akan semakin tinggi pula. (4) Variabel promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan menabung kaum millennial pada Taplus Muda BNI.
Hasil ini memberikan arti bahwa semakin baik promosi yang dipersepsikan kaum
millennial, maka keputusan menabung akan semakin tinggi pula. (5) Variabel
persepsi bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung
kaum millennial pada Taplus Muda BNI. Hasil ini memberikan arti bahwa semakin
baik bunga yang dipersepsikan kaum millennial, maka keputusan menabung akan
semakin tinggi pula.
Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka saran yang dilakukan adalah
sebagai berikut: (1) Kepercayaan kaum millennial terhadap BNI perlu ditingkatkan
terutama indikator yang belum maksimal seperti jaminan bahwa layanan yang
dilaksanakan bebas dari gangguan system karena system transaksi yang bebas dari
gangguan dan trouble akan menjadi pilihan dan meningkatkan kepercayaan kaum
millennial terhadap BNI. (2) Kualitas layanan yang tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan kaum millennial untuk menabung di tabungan Taplus Muda
BNI perlu dikaji lebih dalam lagi untuk faktor – faktor apa saja yang
mempengaruhinya, tetapi hal ini tidak menjadi patokan bagi BNI untuk
mengabaikan pentingnya menjaga kualitas layanannya terhadap
nasabah.(3)Mengingat kaum millennial merupakan generasi potensial dan
memegang peranan penting disemua sendi perekonomian di masa yang akan
datang, ini menjadi peluang bagi BNI untuk menggaet nasabah dari kaum
millennial dengan entry point melalui tabungan taplus Muda sebagai Lifetime
banking service bagi kaum millennial.4) Dilihat dari keterbatasan penelitian yang
mengambil ruang lingkup penelitian hanya di outlet BNI di dalam kota Bengkulu,
diharapkan ke depannya BNI dapat melakukan survey untuk kaum millennial
pemegang tabungan Taplus Muda dengan ruang lingkup outlet BNI se-Indonesia ,
sehingga BNI mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai keputusan kaum
millennial menabung di tabungan taplus Muda sehingga bisa menjadi salah satu
acuan untuk strategi pemasaran produk BNI bagi kaum millennial.
Kata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Promosi, Bunga Bank,
Millenial, Taplus Muda

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:23
Last Modified: 29 Oct 2025 04:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30640

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor