Shanti, Aprida and Slamet, Widodo and Sularsih, Anggarawati (2020) ANALISIS KEPUTUSAN KAUM MILLENIAL MENABUNG DI TABUNGAN TAPLUS MUDA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png) Archive (Thesis)
            
              
Archive (Thesis)
Tesis Aprida Shanti C2B017041.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Perilaku konsumen berkaitan langsung dengan kegiatan individu dalam 
mendapatkan dan mempergunakan produk atau jasa, termasuk di dalamnya proses 
dalam pengambilan keputusan konsumen. Seorang konsumen tentu saja 
mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukan keputusan membeli atau 
mengkonsumsi barang atau jasa. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah
mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan, fasilitas, promosi, dan 
persepsi bunga bank terhadap keputusan kaum millennial menabung pada Taplus 
Muda PT. Bank Negara Indonesia Cabang Bengkulu.
Banyak alasan atau pertimbangan seseorang untuk menabung di bank, 
seperti rasa ingin tahu mengenai produk perbankan, untuk memperoleh keuntungan 
juga untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial nya menyebabkan seseorang 
mengambil keputusan untuk datang dan memilih suatu bank sebagai tempat 
menabung. Tingkat persaingan dalam industri perbankan sekarang ini membuat 
nasabah semakin pandai, cermat dan teliti dalam mencari layanan perbankan yang 
baik dengan biaya yang kompetitif. Permata dkk (2017) menyatakan karena 
semakin ketatnya persaingan didunia perbankan maka strategi pemasaran menjadi 
komponen penting dalam peningkatan dan pengembangan stategi sebuah bank dan 
pihak bank harus bisa memenuhi ekspetasi para konsumennya agar bisa terus 
meninjukkan eksistensinya. Selain pesaing dari bank local para manajemen bank 
juga harus menyusun strategi dalam menghadapi bank-bank asing yang mulai 
bermunculan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang 
merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari 
suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan angka-angka statistik. Jenis 
data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran 
kuesioner. Responden penelitian ini adalah kaum millennial yang menabung di 
tabungan Taplus Muda BNI Cabang Bengkulu di Kota Bengkulu sebanyak 339 
orang. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier 
berganda.
Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil (1) Variabel kepercayaan 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung kaum millennial 
ix
pada Taplus Muda BNI. Hasil ini memberikan arti bahwa semakin tinggi 
kepercayaan kaum millennial terhadap BNI, maka keputusan menabung akan 
semakin tinggi pula, (2) Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan 
terhadap keputusan menabung kaum millennial pada Taplus Muda BNI. Hasil ini 
memberikan arti bahwa perubahan pada kualitas layanan, tidak mempengaruhi 
keputusan menabung. (3) Variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan 
terhadap keputusan menabung kaum millennial pada Taplus Muda BNI. Hasil ini 
memberikan arti bahwa semakin baik fasilitas kaum millennial, maka keputusan 
menabung akan semakin tinggi pula. (4) Variabel promosi berpengaruh positif dan 
signifikan terhadap keputusan menabung kaum millennial pada Taplus Muda BNI. 
Hasil ini memberikan arti bahwa semakin baik promosi yang dipersepsikan kaum 
millennial, maka keputusan menabung akan semakin tinggi pula. (5) Variabel 
persepsi bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung 
kaum millennial pada Taplus Muda BNI. Hasil ini memberikan arti bahwa semakin 
baik bunga yang dipersepsikan kaum millennial, maka keputusan menabung akan 
semakin tinggi pula.
Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka saran yang dilakukan adalah 
sebagai berikut: (1) Kepercayaan kaum millennial terhadap BNI perlu ditingkatkan 
terutama indikator yang belum maksimal seperti jaminan bahwa layanan yang 
dilaksanakan bebas dari gangguan system karena system transaksi yang bebas dari 
gangguan dan trouble akan menjadi pilihan dan meningkatkan kepercayaan kaum 
millennial terhadap BNI. (2) Kualitas layanan yang tidak berpengaruh signifikan 
terhadap keputusan kaum millennial untuk menabung di tabungan Taplus Muda 
BNI perlu dikaji lebih dalam lagi untuk faktor – faktor apa saja yang 
mempengaruhinya, tetapi hal ini tidak menjadi patokan bagi BNI untuk 
mengabaikan pentingnya menjaga kualitas layanannya terhadap 
nasabah.(3)Mengingat kaum millennial merupakan generasi potensial dan 
memegang peranan penting disemua sendi perekonomian di masa yang akan 
datang, ini menjadi peluang bagi BNI untuk menggaet nasabah dari kaum 
millennial dengan entry point melalui tabungan taplus Muda sebagai Lifetime 
banking service bagi kaum millennial.4) Dilihat dari keterbatasan penelitian yang 
mengambil ruang lingkup penelitian hanya di outlet BNI di dalam kota Bengkulu, 
diharapkan ke depannya BNI dapat melakukan survey untuk kaum millennial 
pemegang tabungan Taplus Muda dengan ruang lingkup outlet BNI se-Indonesia , 
sehingga BNI mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai keputusan kaum 
millennial menabung di tabungan taplus Muda sehingga bisa menjadi salah satu 
acuan untuk strategi pemasaran produk BNI bagi kaum millennial. 
Kata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Promosi, Bunga Bank, 
Millenial, Taplus Muda
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:23 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:23 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30640 | 

