Astriani, Vovi and Slamet, Widodo and Sularsih, Anggarawati (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DAN DOKTER PADA PASIEN ANAK RAWAT INAP DI RSUD ARGA MAKMUR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png) Archive (Thesis)
            
              
Archive (Thesis)
TESIS VOVI ASTRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (2MB)
Abstract
Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat 
dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu 
pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi 
masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu 
dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi�tingginya. Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan masyarakat 
menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang 
menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan rawat darurat. Penelitian 
untuk mendeskripsikan Analisis Kualitas Pelayanan Perawat dan Dokter pada 
Pasien Anak Rawat Inap di RSUD Arga Makmur. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi. Penelitian deskriptif adalah 
suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat 
gambaran atau deskipsi tentang suatu keadaan secara obyektif. Oleh karena itu, 
dalam penelitian ini akan digambarkan dan dilakukan analisis tentang Kualitas 
pelayanan dokter dan perawat pada anak di ruang rawat inap RSUD Arga 
Makmur. Sampel dalam penelitian diambil dengan metode sensus. Penelitian 
sensus yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel. Namun dalam penyebara 
kuesioner terdapat 2 kuesioner tidak dapat di olah, karena tidak di isi dengan 
lengkap oleh responden. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini 
adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan dan 
menggambarkan variable penelitian sesuai dengan jawaban responden. Untuk 
memudahkan dalam mendeskripsikan jawaban responden tersebut, maka 
digunakan tabel frekuensi, nilai rata-rata
Kualitas Pelayanan Perawat dan Dokter pada Pasien Anak Rawat Inap di 
RSUD Arga Makmur belum berkualitas. hal ini dikarenakan: Kualitas pelayanan 
Tangibles di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur tidak Tangibles dikarenakan 
perlengkapan pegawai, fasilitas ruangan pasien dan sarana komunikasi di ruang 
rawat inap anak RSUD Arga Makmur serta kendaraan operasional, Kualitas 
pelayanan Reliability di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur sudah Reliability 
dikarenakan telah memiliki kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan, 
Kualitas pelayanan responsivences di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur 
cukup responsivences dikarenakan sikap tanggap perawat dan dokter dalam 
memberikan layanan yang dibutuhkan dan dapat menyelesaikan dengan cepat, dan 
Kualitas Pelayanan Assurence di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur cukup 
assurence dikarenakan perawat dan dokter telah pengetahuan, kemampuan, 
kesopanan dan sifat dapat dipercaya serta Kualitas Pelayanan Emphaty di ruang 
ix
rawat inap RSUD Arga Makmur cukup emphaty dikarenakan kemudahan dalam 
melakukan hubungan, komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan 
pelanggan belum dirasakan oleh pasien dan keluarga pasien. Saran kepada 
Direktur RSUD Arga Makmur hendaknya dapat meningkatkan kualitas pelayanan 
yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance,emphaty kepada 
pasien, khususnya pasien anak.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tangibles, Reliability, responsivences,
Assurence, Emphaty
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:35 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:35 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30681 | 

