ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DAN DOKTER PADA PASIEN ANAK RAWAT INAP DI RSUD ARGA MAKMUR

Astriani, Vovi and Slamet, Widodo and Sularsih, Anggarawati (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DAN DOKTER PADA PASIEN ANAK RAWAT INAP DI RSUD ARGA MAKMUR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
TESIS VOVI ASTRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat
dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu
pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi
masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu
dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi�tingginya. Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan masyarakat
menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang
menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan rawat darurat. Penelitian
untuk mendeskripsikan Analisis Kualitas Pelayanan Perawat dan Dokter pada
Pasien Anak Rawat Inap di RSUD Arga Makmur.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi. Penelitian deskriptif adalah
suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat
gambaran atau deskipsi tentang suatu keadaan secara obyektif. Oleh karena itu,
dalam penelitian ini akan digambarkan dan dilakukan analisis tentang Kualitas
pelayanan dokter dan perawat pada anak di ruang rawat inap RSUD Arga
Makmur. Sampel dalam penelitian diambil dengan metode sensus. Penelitian
sensus yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel. Namun dalam penyebara
kuesioner terdapat 2 kuesioner tidak dapat di olah, karena tidak di isi dengan
lengkap oleh responden. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan dan
menggambarkan variable penelitian sesuai dengan jawaban responden. Untuk
memudahkan dalam mendeskripsikan jawaban responden tersebut, maka
digunakan tabel frekuensi, nilai rata-rata
Kualitas Pelayanan Perawat dan Dokter pada Pasien Anak Rawat Inap di
RSUD Arga Makmur belum berkualitas. hal ini dikarenakan: Kualitas pelayanan
Tangibles di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur tidak Tangibles dikarenakan
perlengkapan pegawai, fasilitas ruangan pasien dan sarana komunikasi di ruang
rawat inap anak RSUD Arga Makmur serta kendaraan operasional, Kualitas
pelayanan Reliability di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur sudah Reliability
dikarenakan telah memiliki kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan,
Kualitas pelayanan responsivences di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur
cukup responsivences dikarenakan sikap tanggap perawat dan dokter dalam
memberikan layanan yang dibutuhkan dan dapat menyelesaikan dengan cepat, dan
Kualitas Pelayanan Assurence di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur cukup
assurence dikarenakan perawat dan dokter telah pengetahuan, kemampuan,
kesopanan dan sifat dapat dipercaya serta Kualitas Pelayanan Emphaty di ruang
ix
rawat inap RSUD Arga Makmur cukup emphaty dikarenakan kemudahan dalam
melakukan hubungan, komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan
pelanggan belum dirasakan oleh pasien dan keluarga pasien. Saran kepada
Direktur RSUD Arga Makmur hendaknya dapat meningkatkan kualitas pelayanan
yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance,emphaty kepada
pasien, khususnya pasien anak.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tangibles, Reliability, responsivences,
Assurence, Emphaty

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:35
Last Modified: 29 Oct 2025 04:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor