ANALISIS 2D AIRFOIL BOEING 737 B737C-IL DENGAN VARIASI SUDUT SERANG 0°, 3°, 6°, DAN 9° MENGGUNAKAN CFD

PANJI, DELTA AMANDA and Helmizar, Helmizar and Suandi, Agus (2017) ANALISIS 2D AIRFOIL BOEING 737 B737C-IL DENGAN VARIASI SUDUT SERANG 0°, 3°, 6°, DAN 9° MENGGUNAKAN CFD. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI DELTA A. PANJI (G1C009034).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan pesawat boeing 737 sangat popular di dunia penerbangan
komersil terutama di Indonesia. Salah satu bagian penting pada pesawat adalah
sayap pesawat. Pada sayap pesawat terdiri dari beberapa bagian. Salah satu bagian
yang penting adalah bagian spoiler. Spoiler ini berupa airfoil. Pada boeing 737
airfoil yang digunakan adalah airfoil tipe b737c-il. Karakteristik aliran di sekitar
airfoil adalah informasi yang sangat penting karena terkait dengan performa
pesawat tersebut, besarnya gaya drag dan gaya lift ditentukan oleh karakteristik
aliran di sekitar airfoil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik aliran di sekitar
airfoil boeing 737 b737c-il pada variasi sudut serang 0°, 3°, 6° dan 9° dengan
metode simulasi perangkat lunak berbasis CFD. Aliran free stream ditetapkan
konstan 30 m/s. Data tekanan pada permukaan airfoil untuk setiap variasi sudut
dianalisa. Nilai koefisien lift dan koefisien drag juga di evaluasi. Distribusi
kecepatan pada setiap variasi sudut juga dikaitkan dengan distribusi tekanan statik
yang terjadi.
Hasil simulasi menunjukkan adanya kenaikan nilai koefisien lift dan
koefisien drag dengan bertambahnya sudut serang. Distribusi tekanan
menunjukkan adanya kenaikan perbedaan antara bagian atas dan bagian bawah
airfoil seiring dengan naiknya sudut serang. Adanya kenaikan nilai tekanan pada
bagian bawah airfoil juga diikuti dengan penurunan pada distribusi kecepatan
begitu sebaliknya adanya penurunan nilai tekanan pada bagian atas airfoil diikuti
dengan kenaikan distribusi kecepatan pada bagian atas airfoil.
Kata Kunci: airfoil, koefisien lift, koefisien drag, sudut serang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:01
Last Modified: 29 Oct 2025 07:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30693

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini