MUSTOFA, WAHYU and Witanto, Yovan and Supardi, Nurul Iman (2017) PENGARUH VARIASI PANJANG INTAKE MANIFOLD TERHADAP KINERJA MESIN GENERATOR SET 4 LANGKAH. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (820kB)
Abstract
Manifold adalah sistem yang menghubungkan campuran bahan bakar dan
udara dari karburator, masuk kedalam ruang bakar di dalam mesin. Perancangan
manifold yang baik sangat diperlukan agar campuran udara dan bahan bakar yang
masuk ke ruang bakar lebih sempurna. Penelitian ini menganalisa tentang
pengaruh variasi panjang intake manifold terhadap kinerja generator set 4
langkah. Pada penelitian ini menggunakan variasi panjang intake manifold d, 1d,
1 d, 2d dan intake manifold standar. Bahan bakar yang di gunakan jenis
premium, pertalite, dan pertamax. Mesin generator set di operasikan pada putaran
2000 rpm, 3000 rpm dan 4000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan bahan bakar premium dan pertalite, terlihat bahwa variasi panjang
intake manifold yang relatif lebih panjang yakni variasi 1 d menunjukkan daya
rata-rata tertinggi. Untuk bahan bakar pertamax bahwa variasi panjang intake
manifold yang pendek yakni variasi 1d menunjukkan daya yang rata-rata tertinggi.
Konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) premium pada variasi standar lebih hemat.
Konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) pertalite dan pertamax variasi intake 1d
lebih lemat.
Kata kunci : intake manifold, genset, bahan bakar cair.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
| Depositing User: | 58 lili haryanti |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:27 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:27 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30715 |

