Haiping, Zhang and Meiliani, Meiliani and Sularsih, Anggarawati (2020) PENGARUH NEGARA ASAL, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI XIAOMI CENTER KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Tesis A.n Zhang H.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Perkembangan bisnis dalam bidang teknologi telekomunikasi di Indonesia saat ini 
mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini tampak dari peningkatan jumlah 
yang sangat besar pada pengguna smartphone dari tahun ke tahun. Saat ini, 
smartphone tidak lagi dinilai sebagai barang mewah yang hanya dimiliki oleh 
orang-orang tertentu saja, tetapi sudah menjadi kebutuhan dasar hampir semua 
individu di semua kalangan. Selama 40 tahun terakhir, lebih dari 100 penelitian 
melakukan studi pada informasi negara asal dan pengaruhnya terhadap sikap 
konsumen terhadap kualitas produk smartphone (Gao & Knight, 2007; Goodstein, 
Grewal, & Miyazaki, 2005; Hsich, 2004; Kim, 2008). Stanton (2004), 
memberikan empat indikator yang mencirikan harga, yaitu keterjangkauan harga, 
kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga 
dengan manfaat. kualitas produk merupakan sifat dinamis yang berhubungan 
dengan produk, jasa, sumber daya manusia, proses, dan lingkungan yang 
memenuhi atau melebihi harapan (Kotler & Armstrong, 2004). 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh negara asal, kualitas produk 
dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Xiaomi 
Center Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional yakni 
penelitian yang mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor resiko dan 
efek, dengan cara observasi atau pengumpulan data sekaligus pada satu waktu 
(point time approach) negara asal, kualitas produk, persepsi harga dan keputusan 
pembelian. Sampel penelitian berjumlah 100 orang konsumen smartphone Xiaomi 
yang berkunjung di Xiaomi Center Kota Bengkulu. Data yang dikumpulkan 
dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa negara asal, kualitas produk dan persepsi 
harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara individual, 
variabel negara asal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. 
Selanjutnya, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan 
pembelian. Lebih lanjut, berdasarkan hasil analisis dari variabel persepsi harga 
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. 
Disarankan untuk melakukan penelitian secara intensif dan berkelanjutan dengan 
memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada. Xiaomi Center Kota Bengkulu 
perlu sering memberitahukan informasi tentang citra negara asal Tiongkok dan 
kualitas smartphone Xiaomi kepada pengganan maupun calon konsumen. 
vi 
 
 
 
 
 
Disarankan juga untk membuat grup konsumen Xiaomi di sosial media, seperti 
group di aplikasi Whatsapp, Instagram, or Wechat, untuk memberikan rasa 
kepemilikan kepada konsumen. 
 
Kata kunci: Negara asal, Kualitas produk, Persepsi harga, Keputusan pembelian, 
Smartphone, Xiaomi
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 13:47 | 
| Last Modified: | 02 Nov 2025 13:47 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30815 | 

