PENGARUH NEGARA ASAL, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI XIAOMI CENTER KOTA BENGKULU

Haiping, Zhang and Meiliani, Meiliani and Sularsih, Anggarawati (2020) PENGARUH NEGARA ASAL, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI XIAOMI CENTER KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis A.n Zhang H.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan bisnis dalam bidang teknologi telekomunikasi di Indonesia saat ini
mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini tampak dari peningkatan jumlah
yang sangat besar pada pengguna smartphone dari tahun ke tahun. Saat ini,
smartphone tidak lagi dinilai sebagai barang mewah yang hanya dimiliki oleh
orang-orang tertentu saja, tetapi sudah menjadi kebutuhan dasar hampir semua
individu di semua kalangan. Selama 40 tahun terakhir, lebih dari 100 penelitian
melakukan studi pada informasi negara asal dan pengaruhnya terhadap sikap
konsumen terhadap kualitas produk smartphone (Gao & Knight, 2007; Goodstein,
Grewal, & Miyazaki, 2005; Hsich, 2004; Kim, 2008). Stanton (2004),
memberikan empat indikator yang mencirikan harga, yaitu keterjangkauan harga,
kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga
dengan manfaat. kualitas produk merupakan sifat dinamis yang berhubungan
dengan produk, jasa, sumber daya manusia, proses, dan lingkungan yang
memenuhi atau melebihi harapan (Kotler & Armstrong, 2004).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh negara asal, kualitas produk
dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Xiaomi
Center Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional yakni
penelitian yang mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor resiko dan
efek, dengan cara observasi atau pengumpulan data sekaligus pada satu waktu
(point time approach) negara asal, kualitas produk, persepsi harga dan keputusan
pembelian. Sampel penelitian berjumlah 100 orang konsumen smartphone Xiaomi
yang berkunjung di Xiaomi Center Kota Bengkulu. Data yang dikumpulkan
dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa negara asal, kualitas produk dan persepsi
harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara individual,
variabel negara asal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Selanjutnya, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Lebih lanjut, berdasarkan hasil analisis dari variabel persepsi harga
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Disarankan untuk melakukan penelitian secara intensif dan berkelanjutan dengan
memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada. Xiaomi Center Kota Bengkulu
perlu sering memberitahukan informasi tentang citra negara asal Tiongkok dan
kualitas smartphone Xiaomi kepada pengganan maupun calon konsumen.
vi





Disarankan juga untk membuat grup konsumen Xiaomi di sosial media, seperti
group di aplikasi Whatsapp, Instagram, or Wechat, untuk memberikan rasa
kepemilikan kepada konsumen.

Kata kunci: Negara asal, Kualitas produk, Persepsi harga, Keputusan pembelian,
Smartphone, Xiaomi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Nov 2025 13:47
Last Modified: 02 Nov 2025 13:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/30815

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor