Analisis Pelanggaran Etika Iklan pada Iklan-iklan Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu

Pane, Hendi Noveriko and Dedi , Supriyadi and Wahyu , Widiastuti (2007) Analisis Pelanggaran Etika Iklan pada Iklan-iklan Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of IV,V-HEN-FISIP.pdf] Text
IV,V-HEN-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (205kB)
[thumbnail of I,II,III-HEN-FISIP.pdf] Text
I,II,III-HEN-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (503kB)

Abstract

“Analisis Pelanggaran Etika Iklan pada Iklan-iklan Surat Kabar Harian Rakyat
Bengkulu (Harian Rakyat Bengkulu terbitan Juni-Agustus 2006)”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi iklan-iklan yang melanggar
etika iklan pada Harian Rakyat Bengkulu dan kaitannya dengan model teori Shimp
mengenai fungsi-fungsi periklanan, mengidentifikasi jenis pelanggaran dan mengetahui
sanksi terhadap pelanggaran etika iklan. Penelitian ini dilakukan pada September sampai
Oktober 2006. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan yang paling
banyak melanggar Tata Cara dan Tata Krama Periklanan Indonesia (TKTCPI) adalah
iklan pengobatan tradisional. Jenis pelanggaran yang paling sering terjadi adalah belum
mencantumkan izin praktek dari Depkes, menggunakan ungkapan yang menjanjikan
penyembuhan, memberikan janji yang berlebihan dan jaminan tanpa pembuktian yang
jelas. Saat ini belum ada pengenaan sanksi atau hukuman terhadap pelanggaran tersebut.
Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu dalam menyajikan iklan hendaknya berpedoman
pada TKTCPI walaupun aturan tersebut masih belum diundang-undangkan. Untuk
menjaga kualitas Harian Rakyat Bengkulu, hendaknya komposisi antara berita dan iklan
diperhatikan lagi, karena kolom iklan masih sangat banyak dibandingkan berita yang
dihadirkan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 015 Heppy Rosita Damanik
Date Deposited: 04 Dec 2013 15:21
Last Modified: 04 Dec 2013 15:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200