Ananda Alfira, Dhea and Sugeng, Susetyo (2020) PENGARUHREWARDINTRINSIK DANEKSTRINSIK TERHADAP KEPUASAN KERJAKARYAWANPT.BANK BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI DHEA ANANDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (795kB)
Abstract
Karyawan merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai peran penting
di dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Pada era globalisasi saat ini, persaingan di
dunia bisnis begitu Kompetitif sehingga, setiap perusahaan dituntun untuk memiliki SDM
yang handal yang berkompeten. Sebagus apapun manajemen dalam suatu perusahaan, tetapi
tidak didukung oleh SDM yang berkualitas maka, perusahaan tidak akan mampu mencapai
kepuasan kerja yang diharapkannya. Kepuasan kerja merupakan keadaan emosional
karyawan yang menyenangkan (positif) yang ditimbulkan dari penghargaan atas sesuatu
pekerjaan yang telah dilakukan, selisih antara banyaknya ganjaran yang diterima dengan
banyaknya yang diharapkan seharusnya diterima. Berdasarkan Teori ekspektasi yang
dikembangakan oleh Porter-lawler, ada 2 jenis Reward faktor yang dapat mempengaruhi
kepuasan kerja adalah Reward Intrinsik dan Reward Ekstrinsik (Porter-lawler dalam
Ivancevuch, 2007). Tujuan Penellitian ini yaitu: 1) Mengetahui pengaruh Reward Intrinsik
terhadap Kepuasan kerja karyawan PT.Bank Bengkulu. 2) Mengetahui pengaruh Reward
Ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan PT.Bank Bengkulu. 3) Mengetahui pengaruh
Reward Intrinsik dan Reward Ekstrinsik terhadap kepuasan kerja karyawan PT.Bank
Bengkulu.
Reward Intrinsik merupakan suatu penghargaan yang diatur sendiri oleh seseorang
dan tidak dapat diraba, dimana hal tersebut akan menimbulkan rasa puas dan perasaan bangga
akan pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Adapun Dimensi Reward Intrinsik , yaitu:
Penyelesaian(Complection), Pencapaian(Achivement), Otonomi(Autonomy) dan Pertumbuhan
pribadi(Personal Growth). Sedangkan, Reward Ekstrinsik adalah suatu penghargaan yang
berasal dari orang lain terhadap seseorang tersebut dan dapat diraba. Adapun Dimensi
Reward Ekstrinisk, yaitu : Penghargaan Financial, Penghargaan Interpersonal dan Promosi
(Porter-lawler dalam Ivancevuch, 2007).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer
yang diperoleh dari penyebaran kuesioner offline. Kuesioner disebarkan kepada 120
karyawan tetap pada PT.Bank Bengkulu Kantor pusat. Teknik pengolahan data penelitian ini
menggunakan Software Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 16.0. Metode
analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Regresi Linear Berganda dan Metode
yang digunakan untuk Pengujian Hipotesis penelitian ini yaitu Uji F dan Uji T.
Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa : 1) Reward Intrinsik berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Bank Bengkulu. 2) Reward Ekstrinsik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Bank Bengkulu 3)
Reward Intrinsik dan Reward Ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan kerja karyawan PT. Bank Bengkulu .Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan, saran yang didapatkan dari penelitian ini,
yaitu PT. Bank Bengkulu harus memperbaiki dan meninjau ulang sistem Reward yang
diterapkan saat ini agar Kepuasan kerja yang diterima karyawan dapat mencapai titik optimal
dan sebaiknya Promosi jabatan diumumkan secara transparan atau terbuka agar seluruh
karyawan mengetahui promosi jabatan yang disediakan dan dibutukan perusahaan agar
seluruh karyawan mendapatkan kesempatan promosi secara merata. Selain itu, PT. Bank
Bengkulu disarankan untuk pihak PT. Bank Bengkulu memberikan sedikit kebebasan untuk
karyawannya dalam melakukan pekerjaanya, dengan cara memberikan kepercayaan kepada
karyawan untuk berpartisipasi dalam pekerjaannya sehari-hari, memberikan kesempatan
kepada karyawan untuk mengaktualisasikan kemampuan tanpa pengawasan yang ketat
sehingga, karyawan akan merasa dihargai dan akan melakukan apa yang dianggap terbaik
dalam bekerja pada situasi tertentu tanpa melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku di
perusahaan.
Kata kunci : Reward Intrinsik, Reward Ekstrinsik, Kepuasan Kerja
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 16:04 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 16:04 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31217 |

