Akbar, Norman Faisal Reza and Praningrum, Praningrum (2020) PENGARUH SELF-EFFICACY, SELF-ESTEEM DAN JOB SATISFACTION TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK. CABANG KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI NORMAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Sumber daya manusia memiliki peran utama dan terpenting dalam suatu
organisasi. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dan berkelanjutan adalah
kunci suksesnya sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya. Kinerja merupakan
hasil kerja karyawan dari segi kualitas maupun kuantitas sesuai dengan tanggung
jawab yang diberikan kepadanya untuk mencapai tujuan organisasi. Adapun faktor
faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah self-efficacy, self-esteem
dan job satisfaction. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh self
efficacy terhadap kinerja pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang
Kota Bengkulu. 2) Mengetahui pengaruh self-esteem terhadap kinerja pegawai PT.
Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Kota Bengkulu. 3) Mengetahui
pengaruh job satisfaction terhadap kinerja pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk. Cabang Kota Bengkulu.
Self-efficacy atau efikasi diri adalah mencerminkan suatu keyakinan individu
pada kemampuannya dalam melaksanakan suatu tugas pada tingkatan kinerja yang
spesifik (Bandura,1997). Self-esteem merupakan penilaian inidividu terhadap diri
sendiri dan dipengaruhi oleh karakteristik yang dimiliki orang lain dalam menjadi
pembanding Baron dan Byrne (Geldard, 2010). Job satisfaction kepuasan kerja adalah
penilaian dari pekerja tentang seberapa jauh pekerjaannya secara keseluruhan
memuaskan kebutuhannya (Rivai dan Mulyadi,2010),.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh melalui kuesioner secara offline. Penelitian ini melibatkan 71
pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Kota Bengkulu yang
dijadikan sampel penelitian. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan
ix
Software Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 17.0. Metode analisis
dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: 1) Self-efficacy
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk. Cabang Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,324
dengan sig. 0,008. 2) Self-esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Kota Bengkulu dengan nilai
koefisien regresi sebesar 0,554 dengan sig. 0,000. 2) Job Satisfaction berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Cabang Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,187 dengan sig.
0,024.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian, beberapa saran yang
dapat diberikan berkaitan dengan self-efficacy, self-esteem, job satisfaction dan
kinerja pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Kota Bengkulu
dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada pegawai agar pegawai lebih
fokus dan mengetahui terkait tugas kerja yang ada di PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk. Cabang Kota Bengkulu sehingga kinerja pegawai menjadi baik.
Kata Kunci: Self-efficacy, Self-esteem, Job Satisfaction dan Kinerja pegawai
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 16:52 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 16:52 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31227 |

