Septiana, Septiana and Andik, Purwanto and Eko, Risdianto (2022) IMPLEMENTASI E-MODUL FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DENGAN MENERAPKAN MODEL ARCS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BENGKULU TENGAH. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Septiana ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar dan hasil belajar
siswa melalui implementasi e-modul fisika pada materi usaha dan energi dengan
menerapkan model ARCS di SMAN 7 Bengkulu Tengah. Sampel dalam penelitian
ini ialah sebanyak 16 orang siswa SMA Negeri 7 Bengkulu Tengah kelas X IPA
yang diambil melalui teknik total sampling dimana semua anggota populasi
tersebut digunakan sebagai sampel. Jenis dari penelitian ini ialah pre-ekperimental
yang menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest. Adapun
instrumen yang digunakan ialah angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar
siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi
belajar siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 79% dengan kategori tinggi
sebelum mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan motivasi belajar siswa
setelah mengikuti proses pembelajaran diperoleh persentase rata-rata sebesar 81%
dengan kategori sangat tinggi. Serta terdapat peningkatan hasil belajar siswa
dengan nilai N-gain sebesar 0,7 dalam kategori tinggi setelah
mengimplementasikan e-modul fisika dengan menerapkan model ARCS.
Kata Kunci: E-modul Usaha dan Energi, Model Pembelajaran ARCS, Motivasi
Belajar, Hasil Belajar Siswa
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:19 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:19 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31407 |

