HAMDAN, IMAM and Sigit, Nugroho and Winalia, Agwil (2022) ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN-GROWTH PADA MINIMARKET 212 BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Imam Hamdan (F1F017001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai pembelian
barang oleh konsumen Minimarket 212 dan mengetahui pola belanja konsumen
dengan menggunakan algoritma frequent pattern-growth (FP-growth) dari metode
association rule. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data transaksi
penjualan Minimarket 212 Bengkulu pada bulan Januari-Februari tahun 2021 yang
bersumber dari general manager Minimarket 212. Hasil penelitian yang diperoleh
adalah produk ISI ULANG HANUN 19L merupakan produk dengan jumlah
transaksi tertinggi, sedangkan konsumen dan omzet dari Minimarket 212 paling
banyak didapatkan pada minggu pertama tiap bulannya, serta didapat empat rules
atau empat pola belanja konsumen dari Minimarket 212. Salah satu rule yang
memiliki lift ratio tertinggi ialah produk LADAKU MERICA BUBUK 4GR,
DESAKU BUBUK KUNYIT 10GRXSCHT, dan DESAKU BUBUK
KETUMBAR 6.5GR X 6SCHT.
Kata Kunci:, Aturan Asosiasi, FP-growth, Minimarket 212, Penambangan Data
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Statistics |
| Depositing User: | Oka Ariani S.IPust |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 01:46 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 01:46 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31445 |

