Annisa, Annisa and Septrianti, Eka Putri (2020) PENGARUH ATTRACTION DAN EXPERTISE TERHADAP PARASOCIAL INTERACTION BERDAMPAK PADA EFFECTIVENESS OF CELEBRITY ENDORSEMENT. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_ANNISA_C1B016026_PENGARUH ATTRACTION DAN EXPERTISE TERHADAP PARAOCIAL INTERACTION BERDAMPAK PADA E.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Iklan adalah sebuah bentuk komunikasi non-personal berbayar dari sebuah
sponsor yang teridentifikasi, menggunakan media massa untuk mempengaruhi
audiens. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah attraction
berpengaruh terhadap effectiveness of celebrity endorsement, (2) apakah attraction
berpengaruh terhadap parasocial interaction, (3) apakah expertise berpengaruh
terhadap effectiveness of celebrity endorsement, (4) apakah expertise berpengaruh
terhadap parasocial interaction, dan (5) apakah parasocial interaction
berpengaruh terhadap effectiveness of celebrity endorsement.
Celebrity Endorser adalah keterlibatan individu dengan pengakuan publik untuk
tujuan mempromosikan merek dan bertindak sebagai sumber informasi untuk
mempengaruhi penerimaan pesan. Teori komunikasi pesan menjelaskan selebriti
endorser memiliki karakteristik yang harus diperhatikan seperti attraction (daya
tarik) dan expertise (keahlian), karena kredibilitas komunikator dapat dipengaruhi
oleh efek pesan yang diterima komunikan (Rossiter dan Perci, 1987). Dan teori
perspektif studi media komunikasi menjelaskan parasocial interaction terhadap
celebrity endorsement yang mana individu merasa memiliki hubungan kedekatan
dengan public figure yang muncul di media, berdasarkan ikatan emosional yang
dirasakan oleh seseorang terhadap tokoh media tersebut (Horton dan Whol, 1956).
Selebriti endorsement dapat mempengaruhi minat beli dan keinginan konsumen
yang dapat dipengaruhi oleh daya tarik, keahlian dan interaksi parasosial yang
dimiliki selebriti endorser. Hal ini penting bagi perusahaan untuk memilih
selebriti yang mampu menarik perhatian calon konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,
dimana terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dengan cara
melakukan penyebaran kuesioner online melalui media sosial untuk mendapatkan
informasi dari responden. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna sosial
media. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik pusposive sampling.
Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 180 responden. Analisis dalam
penelitian ini menggunakan SmartPLS versi 3.2.9.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa attraction berpengaruh positif dan
signifikan terhadap effectiveness of celebrity endorsemen. Hasil temuan ini
menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat daya tarik selebriti, maka semakin
tinggi juga tingkat efektivitas pendukung selebriti. Attraction berpengaruh positif
x
dan signifikan terhadap parasocial interaction. Hasil temuan ini menunjukkan
bahwa semakin tinggi tingkat daya tarik selebriti, maka semakin tinggi juga
tingkat interaksi parasosial konsumen terhadap selebriti. Expertise berpengaruh
positif dan signifikan terhadap effectiveness of celebrity endorsement. Hasil
temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keahlian pendukung selebriti,
maka semakin tinggi juga tingkat efektivitas pendukung selebriti. Expertise
berpengaruh positif dan signifikan terhadap parasocial interaction. Hasil temuan
ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keahlian pendukung selebriti, maka
semakin tinggi juga tingkat interaksi parasisoal konsumen terhadap selebriti.
Parasocial interaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap effectiveness of
celebrity endorsement. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi
interaksi parasosial pendukung terhadap selebriti, maka semakin tinggi juga
tingkat efektivitas pendukung selebriti. Penelitian ini berkontribusi pada
pemahaman literatur tentang celebrity endorsement. Menyarankan kepada
penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan variabel lain yang dapat
mengukur effectiveness of celebrity endorsement.
Kata kunci: attraction, expertise, parasocial interaction, celebrity endorsement.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:29 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:29 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31663 |

