ALENA, SHINTA and Sri Irawati, Sri Irawati and Yennita, Yennita (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI PLANTAE KELAS X SMA BERDASARKAN IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN OBAT DI DESA MUARA KABUPATEN KAUR. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Shinta_Biologi Juni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Booklet materi Plantae Kelas
X SMA berdasarkan identifikasi tumbuhan obat dan pemanfaatanya yang ada di
Desa Muara Sahung Kabupaten Kaur. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall (2003) yang terdiri
dari tujuh tahap yaitu studi pendahuluan, melakukan perencanaan, pengembangan
desain produk, uji coba lapangan awal, revisi produk I, uji coba lapangan utama,
revisi produk II. Pengambilan sampel tumbuhan obat dilakukan di Desa Muara
Sahung. Uji kelayakan Booklet dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi
dan praktisi (guru), serta uji respon dilakukan oleh siswa kelas X SMAN 8
Kabupaten Kaur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tumbuhan obat di
Desa Muara Sahung yang ditemukan berjumlah 33 spesies yang terbagi menjadi
20 famili. Hasil uji validasi terhadap Booklet Tumbuhan Obat Di Desa Muara
Sahung Kabupaten Kaur didapat rata-rata persentase ahli materi adalah sebesar
76,04% (cukup layak), ahli media sebesar 88,19% (sangat layak), dan praktisi
sebesar 92,26% (sangat layak). Hasil uji respon siswa terhadap Booklet Tumbuhan
Obat Di Desa Muara Sahung Kabupaten Kaur didapat rata-rata persetase sebesar
93,20% (sangat terbaca).
Kata Kunci : Booklet, Plantae, Tanaman Obat, Uji Validasi, Uji Keterbacaan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QK Botany |
| Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
| Depositing User: | Oka Ariani S.IPust |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:23 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:23 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31666 |

