HARTATI, YEMMI and Irwan, Koto and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH PENDAPAT SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS V SD NEGERI 54 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapat siswa
tentang pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan
pemahaman konsep IPA kelas 5 SD negeri 54 Bengkulu Tengah dengan
menggunakan rancangan the post-tests only non-equivalent group design. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN 54 Bengkulu Tengah tahun ajaran
2018/2019. Pengambilan data pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran
inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah yaitu melalui angket. Sedangkan pengambilan
data untuk pemahaman konsep IPA siswa melalui tes pilihan ganda. Data
dianalisis dengan uji validitas dan reabilitas. Hasil penelitian pendapat siswa
tentang pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sikap ilmiah
menunjukkan nilai t-hitung (3,236) > t-tabel (2,120) pada signifikansi untuk t-
hitung < 0,05, menunjukkan bahwa pendapat siswa kelas V tentang pelaksanaan
pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara statistik terhadap sikap
ilmiah. Dan antara pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran inkuiri
terbimbing dengan pemahaman konsep IPA menunjukkan nilai t-hitung (0,444) <
t-tabel (2,120) pada signifikansi untuk t-hitung < 0,05, menunjukkan bahwa tidak
terdapat pengaruh antara pendapat siswa tentang pelaksanaan pembelajaran
inkuiri terbimbing dengan pemahaman konsep IPA.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Pemahaman Konsep
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 08:16 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 08:16 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31793 |

