SAIDI, SAIDI and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2020) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA SISWA KELAS IV SDN 79 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS FINAL SAIDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle
5E terhadap pengetahuan konseptual pada pembelajaran tematik muatan IPA
siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang
digunakan ialah quasy experiment. Desain pada penelitian ini adalah the matching
only pretest-postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD N 79 kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas
IVc berjumlah 32 siswa sebagai eksperimen dan kelas IVd berjumlah 32 siswa
sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk soal
uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model
pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap pengetahuan konseptual dalam
pembelajaran tematik muatan pelajaran IPA siswa kelas I V SD Negeri 79 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci: Model Pembelajaran learning cycle 5E, Penguasaan
Pengetahuan Konseptual, IPA.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 08:14 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 08:14 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31794 |

