A COMPARATIVE STUDY BETWEEN THE EFFECT OF SUMMARIZING AND DRTA (Directed Reading Thinking Activity) STRATEGIES ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

SARI, ANI PURNAMA and Wisma, Yunita and Alamsyah, Harahap (2020) A COMPARATIVE STUDY BETWEEN THE EFFECT OF SUMMARIZING AND DRTA (Directed Reading Thinking Activity) STRATEGIES ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Studi Komparatif Antara Pengaruh Strategi Meringkas Dan DRTA Terhadap Pemahaman Membaca
Siswa.Membaca adalah tindakan yang mendorong peserta didik untuk memahami tulisan untuk mengarang
makna, menangani pemikiran utama, realitas, dan data yang diperkenalkan dalam teks. Penelitian ini bertujuan
untuk membandingkan efektivitas dua strategi, yaitu, strategi summarizing dan strategi DRTA (Directed Reading
Thinking Activity). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Desain penelitian
yang diguanakan adalah eksperimen semu. Sampel terdiri dari dua kelompok; satu diajarkan dengan strategi
summarizing dan yang lainnya dengan strategi DRTA. Instrumennya adalah tes reading, yang diujicobakan; nilai
reliabilitasnya adalah 0,880 (sangat tinggi). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan tidak ada perbedaan yang
signifikan antara kedua kelompok pada semua aspek dan pada post-test, tidak ada perbedaan yang signifikan
pada pemahaman membaca keseluruhan, pada aspek membuat inferensi dan kosa kata. Namun, strategi
summarizing ditemukan lebih efektif pada aspek menemukan ide utama dengan nilai signifikansi 0.002
sedangkan strategi DRTA ditemukan menjadi strategi yang lebih efektif pada aspek mengidentifikasi informasi
spesifik dengan nilai signifikansi 0.000.
Kata kunci: Strategi summarizing, strategi DRTA, pemahaman membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of English Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Nov 2025 03:18
Last Modified: 14 Nov 2025 03:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31820

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini