MARDALENA, RIKA and Achmad, Aminudin and Anita, Marianata (2023) ANALISIS PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU UTARA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi revisian Rika_final (1) - Astuti Rama Danti.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian mengenai Analisis Pelayanan Pencatatan Nikah di Kantor Urusan
Agama Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Pelayanan publik
merupakan kegiatan atau serangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan
pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara
dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan
oleh penyelenggara pelayanan publik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan mendeskripsikan Analisis Pelayanan Pencatatan Nikah di Kantor
Urusan Agama Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yaitu kualitatif deskriptif dengan teori
Pelayanan publik yang dikemukakan oleh Mukarom & Laksana (2016), yaitu
(Prosedur pelayanan, Waktu pelayanan, Biaya pelayanan, Produk pelayanan,
Penyediaan fasilitas, Kompetensi aparatur), pengumpulan data dalam penelitian
ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini
sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala KUA, 2 Orang staf dan 2 orang
Masyarakat. Hasil penelitian ini dilihat dari 6 aspek yaitu 1) Dilihat dari aspek
Prosedur pelayanan, Prosedur pelayanan sudah cukup baik sesuai standar
pelayanan namun masih kurangnya pemahaman masyarakat terkait Pendaftaran
nikah. 2) Waktu pelayanan sudah cukup baik sesuai standar yang ada, dan sudah
sesuai dengan proses waktu pelayanan. 3) Biaya pelayanan sudah sesuai dengan
standar pelayanan publik, Tetapi untuk pelaksanaan akad nikah di kantor KUA
tidak dikenakan pemungutan biaya tetapi hanya dapat dilakukan bagi warga yang
tidak mampu. 4) Produk pelayanan sudah cukup bagus sesuai dengan ketentuan
yang ada. 5) Penyediaan fasilitas sudah cukup lengkap, tetapi masih kurang luas
tempat parkir kendaraan. 6) Kompetensi aparatur, petugas sudah melayani
masyarakat dengan baik dan ramah ataupun dari SDM nya. Adapun wawancara
dengan berbagai pihak terkait untuk menguraikan berbagai masalah Pelayanan
pencatatan nikah dan menjadi pelengkap penelitian yang dibuat secara deskriptif
dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Kata Kunci: Pelayanan, Pencatatan nikah, KUA (Kantor Urusan Agama)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
| Depositing User: | 58 darti daryanti |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:01 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:01 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/31910 |

