Salim, Agus and Sularsih, Anggarawati (2009) ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BISNIS RITEL KOTA BENGKULUDITINJAU DARI PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BENGKULU DAN OPINION LEADERS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![skripsi.pdf [thumbnail of skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan bisnis ritel di kota
Bengkulu ditinjau dari persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Bengkulu serta implikasinya terhadap strategi pemasaran. Sampel diambil dengan
menggunakan metode stratified random sampling. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 100 orang untuk mahasiswa dan 5 orang untuk
opinion leaders. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode
kualitatif dan metode kuantitatif berupa analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa opinion leaders memberikan
persepsi yang positif terhadap perkembangan bisnis ritel yang ada di kota
Bengkulu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dari 25 variabel yang diteliti,
ditetapkan ada 22 variabel (MSA>0.5), sementara 3 variabel lainnya (MSA<0.5)
tidak dianalisis lagi. Dari 22 variabel tersebut, didapat 7 faktor yang secara
signifikan mempengaruhi perkembangan bisnis ritel kota Bengkulu (eigen
value>0.1, dan percent of variance>5%) yaitu, Faktor Facilities and
Globalization, terdiri dari 4 variabel: fasilitas air, fasilitas promosi, fasilitas
keuangan, dan globalisasi. Faktor Human Resource and Distribution, terdiri dari 3
variabel: distribusi, tenaga kerja, dan gaya hidup. Faktor Education Inflation,
terdiri dari 3 variabel: tingkat pendidikan, tingkat inflasi, dan pola berbelanja.
Faktor Security and Technology, terdiri dari 3 varaibel: keamanan, ketersediaan
bangunan, dan teknologi. Faktor Growth of Economic and Competition, terdiri
dari 3 variabel: jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan persaingan. Faktor
Political Identification, terdiri dari 3 variabel: peraturan pemerintah, situasi
politik, dan fasilitas listrik. Faktor Customer Income, terdiri dari 2 variabel: usia
penduduk dan pendapatan penduduk. Dari ketujuh faktor tersebut, faktor
Facilities and Globalization adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi
perkembangan bisnis ritel di kota Bengkulu karena memiliki eigen value tertinggi
sebesar 5.238. Persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dan
opinion leaders terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis
ritel di kota Bengkulu juga bisa dijadikan acuan oleh peritel dalam menentukan
Strategi Pemasaran yang tepat berupa analisis STP (Segmentation, Targetting, dan
Positioning) dan analisis bauran pemasaran (Retail Marketing Mix).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 10:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 10:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3377 |