Evaluasi Penerapan Teori Antrian Untuk Meningkatkan Pelayanan Pada Toko Khatulistiwa Bengkulu

Irawan, Anggara and Meiliani, Meiliani (2009) Evaluasi Penerapan Teori Antrian Untuk Meningkatkan Pelayanan Pada Toko Khatulistiwa Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[thumbnail of skripsi.pdf] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Evaluasi Penerapan Teori Antrian Untuk
Meningkatkan Pelayanan Pada Toserba Khatulistiwa Bengkulu". Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan yang optimal dalam melayani
konsumen/pembeli pada bagian kasir toko Khatulistiwa Bengkulu.
Permasalahan yang sering timbul pada bagian kasir toko Khatulistiwa
Bengkulu yaitu ketika tingkat kedatangan konsumen atau pembeli sangat banyak
sehingga antrian menjadi sangat banyak panjang sekaligus menyebabkan waktu
tunggu pelanggan menjadi relatif lama. Jika jumlah pelanggan sedikit maka waktu
menganggur pelayanan juga meningkat.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan rumus matematis teori antrian multi channel single phase. Analisis
dimulai dengan menyusun data kedatangan konsumen atau pembeli kedalam tabel
sehingga dapat dihitung tingkat kedatangan rata – rata pembeli pereriode waktu,
menghitung waktu pelayanan rata – rata pembeli atau konsumen sehingga dapat
diketahui tingkat pelayanan rata – rata per periode waktu, menghitung pendapatan
per pelanggan, menghitung biaya menunggu dan biaya pelayanan konsumen atau
pembeli, menghitung tingkat pelayanan saat ini, menghitung tingkat pelayanan
optimal, kemudian dilanjutkan dengan nilai – nilai variabel sistem pada berbagai
alternatif jumlah fasilitas pelayanan, dan menghitung jumlah fasilitas pelayanan
optimal.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa
rata – rata pelayanan saat ini adalah 63 % dan probabilitas waktu menganggur
saaat ini adalah 7,3 %, waktu menunggu seorang pembeli dalam antrian adalah
10,08 detik dan waktu tunggu dalam sistem 56,88 detik dan biaya total adalah Rp
1.170.546,95

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:21
Last Modified: 05 Dec 2013 10:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3388

Actions (login required)

View Item
View Item