Fajril, Fakhrizal and Muluk , Alains (2009) PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH MEREK SABUN MANDI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![skripsi.pdf [thumbnail of skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (548kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen (mahasiswa
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu) dalam memilih
merek sabun mandi. Konsep perilaku konsumen yang digunakan pada penelitian
ini didasari oleh konsep Swasta dan Irawan (1990). Peilaku konsumen
dipengaruhi oleh dua variabel, yaitu variabel internal (Kepribadian, sikap dan
kepercayaan, dan konsep diri) dan variabel eksternal (Keluarga, media dan
informasi). Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Unib terutama mahasiswa yang tergolong ”anak kos”.
Kuisioner dikumpulkan dari 63 responden yang memenuhi kriteria sampel.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling
yang mengarah pada metode accidental sampling. Data dianalisis dengan dengan
menggunakan statistik deskriptif frekuensi dan persentase. Pengolahan data
dengan cara ini dilakukan agar bisa dilihat perbedaan dari masing-masing faktor
yang diteliti dan hasil akhirnya bisa dijabarkan dan digambarkan oleh peneliti.
Hasil analisis menunjukkan bahwa merek sabun mandi yang paling
diminati oleh konsumen adalah Lux. Mahasiswa yang menjadi responden
penelitian yang masih tergolong remaja dan sabun Lux identik dengan sabun
kecantikan. Oleh karena itu pemilihan merek sabun Lux sangat cocok dengan
responden yang bisa dikatakan lebih memilih brand awarness yang berhubungan
dengan kecantikan dibandingkan brand awarness yang berhubungan dengan
kesehatan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 20:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 20:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3492 |