Gupito, Gupito and A muluk, Alains (2009) PENGARUH TRUST IN BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY KONSUMEN PRODUK EIGER DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (546kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari trust in brand
yang variabelnya terdiri dari brand characteristic, company characteristic, dan
consumer characteristic terhadap brand loyalty konsumen. Merek yang diteliti
adalah merek eiger, yang respondennya diambil dari para pemakai produk eiger
yang ada di kota Bengkulu.
Data yang dikumpulkan adalah data primer yang didapat dari kuesioner
yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kepercayaan merek
dan kesetiaan merek konsumen produk Eiger. Pengujian hasil kuesioner dilakukan
dengan menggunakan regresi berganda.
Dengan menggunakan metode pengambilan sampel berdasarkan besaran
hari, didapatkan responden sebagai konsumen produk eiger sebanyak 45 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama dan parsial
variabel
brand
characteristic,
company
characteristic,
dan
consumer
characteristic produk Eiger berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty
konsumen di kota Bengkulu. Pengaruh variabel brand characteristic, company
characteristic, dan consumer characteristic terhadap brand loyalty adalah sebesar
0,838 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Sebaliknya, secara parsial
pengaruh variabel – variabel adalah sebagai berikut. Pertama brand characteristic
berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar
0,364 dengan tingkat signifikan sebesar 0,014. Company characteristic
mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta
sebesar 0,257 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002. Consumer characteristic
juga berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar
0,362 dengan tingkat signifikan sebesar 0,045.
Dalam upaya meningkatkan loyalitas merek, pihak perusahaan harus
senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan konsumen. Brand
characteristic sebagai salah satu variabel yang berpengaruh dominan harus tetap
dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 20:20 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 20:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3497 |