PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRI TERPIMPIN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH) 4

Putra Jaya, Z Aperi and Nirwana, Nirwana and Eko, Risdianto (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRI TERPIMPIN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH) 4. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Z PDF FE-2.pdf] Text
Z PDF FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Z Aperi Putra Jaya. 2009 Penerapan Pembelajaran Inquiri Terpimpin Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Optika Geometri Dan Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X
SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar pada konsep optika geometri dan alat-alat optik dengan penerapan pembelajaran inquiri terpimpin pada siswa kelas X
4
4
SMA Negeri 8 Kota Bengkulu, (2) Untuk mengetahui peningkatkan aktivitas siswa dengan penerapan pembelajaran inquiri terpimpin pada siswa kelas X
SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah ini adalah siswa kelas X
4
SMA negeri 8 kota bengkulu yang berjumlah 39 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 24
4
orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas yang dilaksanakan tiga siklus. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara
deskriftif dan mengacu pada keaktifan dan ketuntasan belajar klasikal siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 26 dengan kriteria cukup, siklus II
meningkat menjadi 29 dengan kriteria baik, dan meningkat lagi menjadi 31 pada siklus III dengan kriteria baik. Hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan
belajar siswa sebesar 66,66% meningkat pada siklus II menjadi 74,35% dan 87,18%. Hasil kinerja ilmiah siklus I diperoleh rata-rata sebesar 76,24, siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 80,09, dan 83,50 untuk siklus III.
Keyword: pembelajaran inquiri, keaktifan siswa, hasil belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 20:31
Last Modified: 05 Dec 2013 20:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini